11 Afiliasi IndustriALL Indonesia Council Protes Ke Asia Pulp Paper

11 Federasi Serikat Pekerja/Serikat Buruh yang tergabung dalam IndustriALL Indonesia Council bersama-sama menandatangani surat protes keras kepada Direktur Utama Asia Pulp And Paper, Teguh Ganda Wijaya atas pelanggaran kebebasan berserikat di PT. Pindo Deli Pulp and Paper Karawang Mills. Hal ini disepakati pada National Unity Meeting IndustriALL Indonesia Council yang diadakan di Jakarta pada 10-11 Maret 2014.  Berikut ini isi surat dimaksud.


IndustriALL Indonesia CouncilChairman: Sjaiful DPSecretary: Edward P. Marpaung
Kepada Yth.
Teguh Ganda Wijaya
Presiden Direktur Asia Pulp & Paper
Plaza BII. Jl. MH Thamrin No. 51, Jakarta Pusat. 10350

Hal: Protes Keras Atas Pelanggaran Kebebasan Berserikat di PT. Pindo Deli 
Dengan hormat,

Kami 11 Federasi afiliasi IndustriALL di Indonesia dengan ini menyampaikan protes keras atas tindakan anti serikat buruh di PT. Pindo Deli sekaligus mendukung penuh perjuangan Serikat Pekerja Kertas Pindo Deli dalam memperjuangkan pengupahan yang adil.  Berdasarkan informasi yang kami terima, bahwa Pengusaha Pindo Deli telah melakukan tindakan-tindakan anti serikat buruh yang bertentangan dengan Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2000 Tentang Serikat Pekerja/Serikat Buruh dan Undang-Undang Ketenagakerjaan Nomor 13 Tahun 2003.

Adapun bentuk-bentuk pelanggaran sebagai berikut:

  1. Perusahaan telah melakukan tindakan penghalangan aktivitas yang dilakukan oleh serikat buruh dengan cara melakukan penutupan gerbang dalam rangka melawan tindakan mogok buruh dibantu oleh aparat kepolisian.  Hal ini berdampak terhadap keselamatan buruh yang terkurung di lokasi perusahaan.
  2. Melibatkan aparat Kepolisian untuk ikut campur dalam konflik hubungan industrial yang dalam hal ini tindakan tersebut bertentangan dengan Konvensi ILO No. 87 dan 98 yang telah diratifikasi oleh Pemerintah Indonesia.
  3. Melakukan blokade dan melarang seluruh pengurus serikat buruh Pindo Deli untuk memasuki area perusahaan dan bekerja seperti semula.
  4. Melakukan tekanan dan intimidasi kepada anggota serikat buruh Pindo Deli untuk mundur dari keanggotaan serikat buruh melalui surat pernyataan tertanggal 3 Maret 2014 yang disebarkan oleh Kepala Unit PT. Pindo Deli.


Berdasarkan Undang-Undang tindakan tersebut merupakan tindak pidana pelanggaran kebebasan berserikat yang dalam hal ini dilakukan secara arogan dan tidak bertanggung jawab.  Ini menunjukkan ketidakmampuan manajemen PT. Pindo Deli untuk melakukan negosiasi kolektif dengan pendekatan dialog sosial.

Berdasarkan hal-hal tersebut diatas, kami 11 Federasi yang merupakan afiliasi dari Serikat Buruh Internasional IndustriALL Global Union meyampaikan protes keras dan agar manajemen Pindo Deli segera:

  1. Menghentikan segala bentuk dan upaya tindakan penghalang-halangan kebebasan berserikat; 
  2. Memulihkan kembali semua hak-hak buruh dan serikat buruh; 
  3. Melakukan perundingan lebih lanjut kepada serikat buruh dalam rangka mencari solusi terbaik bagi kesejahteraan buruh di PT. Pindo Deli;
  4. Menghentikan segala upaya-upaya sistematis yang melibatkan aparat kepolisian dan militer dalam urusan perburuhan;
  5. Memulihkan hak pengurus SPK-PD untuk memasuki area perusahaan dan menjalankan kegiatan berserikat seperti semula serta bekerja di unit masing-masing;
  6. Apabila perlakukan anti serikat buruh dan intimidasi terus-menerus berlangsung, maka kami akan melakukan upaya-upaya kampanye dan perlawanan terhadap tindakan anti serikat buruh yang dilakuka oleh PT. Pindo Deli secara nasional dan internasional.


Jakarta, 12 Maret 2014
Hormat kami,

  1. Federasi Serikat Pekerja Kimia, Energi, Pertambangan (FSP KEP)
  2. Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI)
  3. Feerasi Serikat Pekerja Industri Semen Indonesia (FSP ISI)
  4. Federasi Serikat Pekerja Farmasi dan Kesehatan Reformasi (FARKES Reformasi)
  5. Federasi Serikat Buruh Logam, Metal, Elektronik (F LOMENIK KSBSI)
  6. Federasi Serikat Buruh Garmen Tekstil (F GARTEKS KSBSI)
  7. Federasi Serikat Buruh Pertambangan dan Energi (FPE KSBSI)
  8. Federasi Serikat Buruh Kimia dan Kesehatan (F KIKES KSBSI)
  9. Federasi Serikat Buruh Kimia, Energi, Pertambangan SPSI (FSP KEP SPSI)
  10. Serikat Pekerja Nasional (SPN)
  11. Federasi Serikat Pekerja Pulp dan Kertas Indonesia (FSP2KI)


Tembusan:

  1. Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI
  2. Kepala Kepolisian RI
  3. Bupati Karawang
  4. Ketua DPRD Karawang
  5. Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Karawang
  6. Kapolres Karawang
  7. IndustriALL Global Union di Jenewa
  8. IndustriALL Global Union South East Asia Office di Singapura
  9. Anggota afiliasi IndustriALL di Indonesia
  10. Anggota afiliasi IndustriALL di Australia, Finlandia, Australia, Swedia, Jepang, Nigeria, Iran, Amerika Serikat, Malaysia, Thailand, Yunani, Saudi Arabia dan Singapura
  11. ILO Jakarta


Sumber : Hidup Buruh Blog