• Home »
  • AKSI »
  • 3000 Buruh PT. Honda Prospect Motor Deklarasikan Serikat Buruh Kerakyatan

3000 Buruh PT. Honda Prospect Motor Deklarasikan Serikat Buruh Kerakyatan



Ruangan Gedung Olah Raga (GOR) Adiarsa padat oleh 3000 lebih orang buruh PT. Honda Prospect Motor (HPM) yang hadir dalam acara Deklarasi Perjuangan Buruh HPM. Sejak pagi, ribuan motor telah memenuhi halaman parkir GOR Adiarsa. Sementara di dalam ruangan GOR, musik yang menghentak mengiringi buruh yang bersemangat menyanyikan lagu-lagu perjuangan buruh dan orasi politik para pimpinan serikat yang hadir.

Riki Hermawan, yang memberikan orasi dan secararesmi membuka acara pada pukul 11. 30 menyatakan dalam orasinya bahwa acara ini merupakan momentum deklarasi pembentukan serikat buruh kerakyatan yang secararesmi dibentuk di PT. HPM. Ada sekitar 3000 orang yang sudah mengisi formulir dan menyatakan bergabung dan masih terus bertambah untuk menjadi anggota. Selain itu, Riki Hermawan juga menyatakan bahwa selain untuk deklarasi pembentukan serikat buruh kerakyatan di PT. HPM, acara hari ini merupakan rangkaian pra may day yang puncaknya akan kita adakan di Jakarta.
Hadir dalam acara tersebut Eny Rofiatul (pengacara Publik Lembaga Bantuan Hukum Jakarta) yang memberikan dukungan dan penguatan terkait dengan issu buruh kontrak. Dengan mengacu padaketentuan uu 13 tahun 2003 pasal 59, maka semua buruh yang bekerja di bagian inti perusahaan demi hukum menjadi buruh tetap. Eny menjelaskan bahwa saat ini buruh kontrak menjadi problem utama bagi para buruh sebab posisi mereka sangat lemah. Bisa dipecat kapan saja dan hampir tidak mempunyai kekuatan tawar di hadapan perusahaan, maka jalan satu-satunya untuk berjuang harus dengan bergabung ke dalam serikat buruh. Wirdan Fauzi, yang juga berasal dari LBH Jakarta menekankan sisi lain penguatan serikat buruh yakni dari sisi transparansi dan kejujuran dalam pengelolaan keuangan. Fauzi menyatakan bahwa buruh pembayara iuran merupakan aliran darah bagi tetap bergeraknya serikat, maka iuran harus dikelola dengan serius, terbuka dan jujur. Betapa banyak serikat yang di luar berteriak korupsi, namun ironinya di dalam internal masih terjadi penyelewengan keuangan. Fauzi yang juga pegiat anti korupsi mengingatkan agar serikat buruh berani menyuarakan gerakan anti korupsi dan selayaknya dimulai dari dalam dirinya sendiri.
Apa saja fokus perjuangan serikat huruh kerakyatan PT. HPM ke depan? Imam Sunandar, yang erpilih menjadi ketua menegaskan bahwa pertama dirinya akan melakukan konsolidasi sepenuhnya ke dalam, sebab ini syarat utama. Sesudah itu, kami akan melakukan rekrut sebanyak mungkin anggota sehingga mayoritas buruh bergabung dengan serikat. Kalau fokus itu sudah berjalan, kami akan mempersiapkan advokasi serius berkaitan dengan buruh kontrak di perusahaan, sebab mereka berhak mendapatkan hak konstiyusional untuk menjadi buruh permanen di perusahaan. Tugas, job dan beban kerjanya sama, waktu bekerjanya sama kenapa haknya dibedakan ? Berkaitan dengan hal tersebut, Yoyo Hartono yang terpilia Sekretaris mengh mendampingi Imam sebagai sekretaris menambahkan tenyang pentingnya serikat buruh membangun kesamaan ide dan langkah perjuangan dengan kawan-kawan lain di berbagai sektor. Kami tidak boleh terpisah dengan gerbong besar perjuangan ini.
Acara yang ditutup pada pukul 15.00 wib ini berlangsung dengan tertib dan apa yang diharapkan dari pesertaterwujud. Serikat Buruh kerakyatan PT. HPM telah terbentuk dan berbagai aganeda yang disuarakan juga dapat tersosialisasi dengan baik, sebagaimana disuarakan oleh Heryanto, jajaran pengurus di Federasi Serbuk yaitu agenda konsolidasi menuju May Day tersosialisasi dengan optimal dan issu korupsi juga menjadi pilihan tema menarik untuk kawan-kawan buruh serta mempersiapkan aksi besar nanti…(khi_042015)