Agenda Kegiatan FSP2KI Wilayah Jawa Barat

 
 
Seusai terpilih dalam Kongres IV Federasi Serikat Pekerja Pulp dan Kertas Indonesia (FSP2KI) yang lalu, Bambang Tambora, selaku Ketua Kordinator Wilayah Jawa Barat (Korwil Jabar) menyusun rencana untuk menggerakan mesin organisasi FSP2KI di Jawa Barat. Ditemui di sela-sela Rapat Koordinasi di Sekretariat FSP2KI yang ada di Karawang, Bambang tambora menyebutkan beberapa agenda yang telah diputuskan dalam koordinasi pertama tersebut. Berikut agenda-agenda FSP2KI Korwil Jawa Barat


Pendidikan Hukum dan Advokasi (Pengantar Paralegal)
Pendidikan ini direncanakan berlangsung pada 17 Mei 2015 di sekretariat FSP2KI Karawang. Tigor Hutapea, Pengacara Publik Lembaga Bantuan Hukum Jakarta (LBH Jakarta) akan hadir menjadi fasilitator. Pendidikan ini, dimaksudkan sebagai pengantar bagi Korwil Jabar yang akan mengadakan pendidikan Paralegal pada bulan Juni / Juli 2015 mendatang. Tigor menyatakan bahwa pengantar paralegal, akan menjadi pemetaan awal tentang peserta, lingkup permasalahan, strategi pasca pendidikan serta persiapan lain yang diperlukan. LBH Jakarta, berkomitmen mendampingi FSP2KI dalam mempersiapkan kader-kader advokasinya. Diperkirakan pendidikan akan diikuti oleh sedikitnya 30 peserta dari Serikat Pekerja Kertas Pindo Deli (SPKPD), Serikat Pekerja Kimberly clark Indonesia (SPKCI) dan beberapa serikat lain di Karawang yang diharapkan dapat bersinergi dalam kerja jaringan.

Panggung Buruh
Dimaksudkan sebagai momentum mendeklarasikan hasil kongres IV FSP2KI serta konsolidasi anggota, FSP2KI akan terlibat dalam kerja bersama dengan berbagai organisasi untuk menyelenggarakan Panggung Buruh yang berisi pentas musik, teater, penggalangan dana dan deklarasi perjuangan. Beberapa grup musik yang akan hadir, antara lain Diponers 74 (LBH Jakarta), Panitia Kesejahteraan Pekerja Band Pindo Deli, Semut Merah (Serbuk) dan Sebumi serta Nyonyor Reagge dari Bogor. Acara yang diperkirakan akan dihadiri 3.000 peserta ini akan diselenggarakan di Geduang Olah Raga Adiarsa Karawang. Lebih istimewa, Acara juga akan dihadiri oleh Bambang Widjoyanto (Wakil Ketua KPK Non Aktif). Bambang Widjoyanto, diharapkan berbicara mengenai korupsidan perlawanan terhadap korupsi serta peran buruh dalam aksi ini. Untuk lebih jelasnya silahkan klik tautan ini, untuk membuka poster
 
Pembekalan Pimpus dan Korwil Jawa Barat
Bertempat di Meeting Room Hotel Pangestu, FSP2KI akan menyelenggarakan Pembekalan Pimpus dan Korwil Jawa Barat. Acara ini merupakan rangkaian kegiatan SC Meeting bersama PAPPERS serta evaluasi pasca Kongres IV FSP2KI. Asfinawati, SH (Mantan Direktur LBH Jakarta) yang akan hadir sebagai pemateri, direncanakan akan membawakan materi mengenai Perspektif Hukum Perburuhan Indonesia dan Tugas Serikat Buruh. Acara ini, sekaligus akan menjadi kesempatan menyusun program kerja FSP2KI Korwil Jawa Barat setidaknya untuk 3 bulan mendatang.
 
Pendidikan Organisasi
Mengambil tema pendidikan alam terbuka, Korwil Jawa Barat berencana mengadakan pendidikan Organisasi. Ini merupakan putaran ke 4 pendidikan Organiser yang sudah dijalankan sejak Januari 2015 yang lalu. Arifin Syarif, dari Lembaga Informasi Perburuhan Sedane (LIPS) berencana hadir memberikan meteri dengan tema sentral Pengorganisasian berbasis industri.
FSP2KI, mengundang partisipasi anggota untuk agenda tersebut. Sampai berjumpa di arena pendidikan. Berani Berjuang Pasti Menang..!! (khi)