• Home »
  • AKSI »
  • Aksi Buruh dalam Peringatan Worl Day of Decent Work 2013

Aksi Buruh dalam Peringatan Worl Day of Decent Work 2013


Menutup aksi di Bundaran Mega M – Ramayana.Karawang

BURUH MENYERUKAN : UPAH BAIK KERJA BAIK !
AYO DUKUNG MOGOK NASIONAL 28-30 OKTOBER 2013.
Spanduk  dengan kalimat UPAH BAIK KERJA BAIK, menghias aksi menyambut World day for Decent Work yang berlangsung di Bundaran Mega M–Ramayana Karawang. Peringatan hari pekerjaan yang yang layak sedunia ini, dirayakan setiap tanggal 7 Oktober, dan Federasi Serikat Pekerja Pulp Kertas Indonesia (FSP2KI) Kordinator Wilayah Jawa Barat, bersama kawan-kawan dari berbagai serikat menyambut perayaan tersebut dengan memulai sebuah aksi pendahuluan.


Selain membagi-bagikan selebaran, peserta aksi  juga bergantian menyampaikan orasi sebagai bentuk pernyataan sikap politik kaum buruh. tuntutan yang mengemuka adalah permasalahan utama kaum buruh saat ini seperti penolakan upah murah dan penghapusan outsourcing juga perlawanan terhadap PHK buruh yang selalu menjadi awal bagi bencana dan kelamnya masa depan buruh.

Masa aksi, bertahan selama kurang lebih 2 jam di bundaran Mega M– Ramayana tersebut sembari tak lelah mereka menyuarakan yel-yel yang sebagai bentuk protes atas ketidakadilan yang kian menjadi-jadi. Sebutlah kasus penembakan aparat kepolisian Karawang terhadap aksi buruh di kawasan Industri KIIC (Karawang International Industry Center) yang melukai dua orang adalah bentuk dari buruknya perlindungan Negara terhadap buruh.

Setelah melakukan deklarasi MOGOK NASIONAL 28,29,30 Oktober 2013 nanti, sebagaimana rekomendasi  Konsolidasi Nasional pada 30 September 2013, pada pukul 17. 45, massa aksi membubarkan diri. Sementara FSP2KI kembali mempersiapkan diri untuk bergabung dalam aksi pada tanggal 7 Oktober 2013 yang akan dilaksanakan di kantor Menakertrans RI di Jakarta (khi)