Aksi Unjuk Pekerja PT. Lontar Papyrus Pulp and Paper

Aksi Unjuk Rasa Pekerja di PT.Lontar Papyrus Pulp and Paper (11/03/2014)
Tebing Tinggi-Jambi, pada 11 Maret 2014 kemarin ribuan pekerja yang ada di PT.Lontar Papyrus Pulp and Paper Industri (PT.LPPPI) salah satu perusahaan di bawah bendera Asia Pulp Paper Indonesia yang ada di dalam group Sinar Mas, melakukan aksi unjuk rasa. 

Unjuk rasa ini dilakukan secara spontanitas para pekerja, atas perlakuan buruk dari para Tenaga Kerja Asing yang ada di PT. LPPPI. Selain dari pada itu aksi ini sebagai bentuk protes atas pelanggaran yang dilakukan oleh perusahaan dari beberapa pasal yang ada dalam Perjanjian Kerja Bersama (PKB) yang sudah disepakati antara pihak perusahaan dan serikat pekerja.
Pada pukul 17.00 WIB, seluruh pekerja yang berunjuk rasa membubarkan diri, setelah terjadi kesepakatan antara pihak perusahaan dan serikat pekerja. Ada tiga point kesepakatan, yaitu :
  1. TKA yg bersangkutan tidak lagi memimpin atau menjadi Divisi Head.
  2. Yang bersangkutan tidak lagi di bekerja di PT.Lontar Papyrus
  3. Segala sesuatu yg timbul akibat demo/unjuk rasa ini tidak akan jadi pemasalahan dikemudian hari atau terjadi tindakan balas denadam yang dilakukan perusahaan.
Aksi unjuk rasa ini dilakukan oleh dua serikat pekerja yang ada di PT.LPPPI, yaitu ; Spk UKATAN SBSI dan Serikat Pekerja Demokratis PT.Lontar Papyrus Pulp Paper (SPD PT.LPPPI).
SPD PT.LPPPI adalah salah satu Serikat Pekerja Anggota (SPA) Federasi Serikat Pekerja Pulp dan Kertas Indonesia (FSP2KI) yang masuk dalam Kordinasi Wilayah Jambi..(mip)