Aksi Unjuk Rasa SPKPD di DISNAKER dan Pindo Deli 2

Aksi SPKPD dan F SERBUK di Kantor Bupati Karawang (24/03/2014)
 
Kembali sekitar lima ribu buruh PT. Pindo Deli melakukan aksi di kantor Dinas Tenaga Kerja (DISNAKER) Kabupaten Karawang. Setelah melakukan aksi unjuk rasa di Kantor DISNAKER Karawang, masa buruh langsung bergerak ke pabrik Pindo Deli 2. 

Aksi ini digerakkan oleh Serikat  Pekerja Kertas Pindo Deli (SPKPD) bersama afiliasinya Federasi Serikat Pekerja Pulp dan Kertas Indonesia (FSP2KI) serta didukung juga oleh massa dari Federasi Serikat Buruh Kerakyatan (F SERBUK).

Aksi ini merupakan kelanjutan dari aksi-aksi sebelumnya menyusul mogok kerja yang dilakukan pada 27 Februari lalu akibat gagalnya perundingan upah. Rencananya Bupati Karawang akan memfasilitasi perundingan SPKPD dan Manajemen Pindo Deli pada 25 Maret 2014.


Khamid Istakhori, Koordinator Advokasi FSP2KI menyampaikan bahwa besok, 25 Maret akan dilakukan perundingan dengan manajemen yang difasilitasi oleh Bupati Karawang dan apa bila tetap deadlock maka buruh akan kembali melanjutkan aksi dan mogok kerja di Pindo Deli. 

Seperti yang dikutip dari pemberitaan di koran Pikiran Rakyat mengenai Buruh PT.Pindo Deli Mogok Kerja , para buruh kecewa terhadap pengelola perusahaan yang melarang 17 pengurus Serikat Pekerja Kertas Pindo Deli (SPK-PD) masuk ke dalam pabrik dan melakukan aktivitas seperti biasa,” ujar Khamid, di sela-sela aksi unjuk rasa di depan kantor Bupati Karawang, Selasa (25/3/2014).

 
Aksi dan mogok kerja buruh Pindo Deli ini mendapat dukungan dari 11 federasi di Indonesia serta organisasi buruh terbesar di dunia IndustriALL Global Union.


Pindo Deli adalah salah satu produsen kertas terbesar di dunia yang berada di bawah Asia Pulp and Paper, Sinarmas Group. Bagi yang ingin memberikan dukungan untuk SPKPD, dapat melalui kampanye online pada tautan ini Stop Union Busting dan Wujudkan Sistim Pengupahan Yang Adil dan satunya lagi dapat melalui berita di IndustriALL Global Union.
 
Referensi Berita : Hidup Buruh Blogspot.com