Aku Tidak Takut, Aku Adalah Pemimpin


 

Saat pelatihan Kepemimpinan & Manajemen Serikat Buruh di Muara Enim

  
Kata pemimpin pertama kali kita temui ketika kita duduk di bangku sekolah, guru-guru sering mengungkapkan kata-kata “ayah adalah pemimpin di keluarga atau presiden adalah pemimpin negara, dll”. Saat ini ketika orang berbicara mengenai pemimpin, maka yang pertama kali terlintas dipikiran kita adalah seseorang yang memimpin sekelompok orang lainnya. Jika begitu, pengertian pemimpin yang dapat kita definisikan adalah suatu individu yang memimpin sekelompok orang (yang dipimpin).


Pada bulan November 2013, Federasi Serikat Pekerja Pulp dan Kertas Indonesia (FSP2KI) Kordinator Wilayah Sumatera Selatan (KORWIL SUMSEL) mengadakan Pelatihan untuk Serikat Pekerja Anggota FSP2KI yang ada di Sumatera Selatan. Pelatihan ini dilaksanakan selama dua hari dari tanggal 26 – 27 November 2013, bertempat di Aula Mess PT.Truba Jaya Engineering yang berada di Desa Dalam Kecamatan Gunung Megang Kabupaten Muara Enim. Sebagai pemateri dalam pelatihan ini adalah Khamid Istakhori ( Kordinator Projek FSP2KI) yang datang dari Karawang, setelah sebelumnya memberikan Pelatihan Advokasi di Pekanbaru- Riau.


Peserta pelatihan ini terdiri dari lima serikat pekerja dan dua diantaranya adalah serikat pekerja diluar keanggota FSP2KI SUMSEL, ini adalah sebuah bentuk kebersamaan FSP2KI dalam meningkatkan kemampuan pengurus serikat pekerja yang ada di wilayah FSP2KI SUMSEL. Peserta pelatihan terdiri dari ; Serikat Pekerja PT.TeL (SPPT-TeL), Serikat Pekerja Perawatan dan Pelayanan-TeL (SP3-TeL), Serikat Pekerja Security-PT.TeL (SPS-PT.TeL), SPKAHUT-PT.MHP, SP Lematang Coal Lestari (SP LCL). Dua nama terakhir (SPKAHUT dan SP LCL) adalah serikat pekerja di luar anggota FSP2KI SUMSEL, yang memang diajak untuk mengikuti pelatihan ini dan ini merupakan kali kedua FSP2KI SUMSEL mengadakan pelatihan seperti ini,yaitu pada September 2012 dan November 2013.


Dalam acara pembukaan ini dihadiri juga oleh Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Muara Enim,yang diwakili oleh Ka.Subid Binawas DISNAKERTRANS (Busroh) beserta jajarannya.


“DISNAKER, berharap agar FSP2KI dapat mengadakan pelatihan ini tidak hanya untuk  serikat pekerja anggota FSP2KI saja, tetapi dapat diadakan juga untuk serikat pekerja sekabupaten Muara Enim” seperti yang disampaikan oleh Busyroh dalam acara pembukaan pelatihan ini.


Ini adalah suatu bentuk apresiasi positif dari DISNAKER Muara Enim terhadap kegiatan yang diadakan oleh FSP2KI SUMSEL. Selain dari Pihak Pemerintah (DISNAKERTRNAS Muara Enim), dalam pelatihan ini dihadiri juga oleh perwakilan site manajemen PT.Truba Jaya Engineering.  


Hadir dalam pelatihan ini dua Pimpinan Pusat FSP2KI,yang kebetulan berdomisili di wilayah Sumatera Selatan, yaitu; Nelson F Saragih (Sekretaris Jenderal) dan Ikhsan Prajarani (Bidang Kampanye dan Propaganda).


Dari pelatihan ini,memberikan arti yang sangat berkesan dari beberapa peserta, selain dari itu peserta dari kesan dan pesan yang disampaikan oleh beberapa peserta, mengharapkan agar pelatihan seperti ini terus dilakukan dan tidak hanya berhenti sampai di sini saja. Tetapi ada satu hal yang patut digaris bawahi dari proses KEPEMIMPINAN menghasilkan seorang PEMIMPIN dan dari semua pembelajaran mengenai administrasi serikat buruh dapat menciptakan tata kelola serikat buruh dalam melaksanakan fungsi dan tujuan serikat buruh tersebut, begitu kiranya gambaran secara umum dari hasil pelatihan ini…(MIP)