Bagaimana Menjalankan Serikat Pekerja



Muara Enim – Judul di atas menjadi topik diskusi kawan-kawan pengurus Serikat Pekerja Anggota Federasi Serikat Pekerja Pulp dan Kertas Indonesia (SPA FSP2KI) yang ada di Sumatera Selatan. Bertempat di Sekretariat Serikat Pekerja Secuirty-PT.TeL (SPS-PT.TeL) pada 13 Agustus 2014, Pimpinan Pusat FSP2KI mengajak kawan-kawan SPA FSP2KI SUMSEL untuk hadir dalam diskusi ini.

Ada 20 orang sebagai peserta disksui yang terdiri dari perwakilan dua SPA FSP2KI yang ada di Sumatera Selatan, yang terdiri dari 15 orang pengurus SPS-PT.TeL dan 5 orang pengurus Serikat Pekerja Perawatan dan Pelayanan-TEL (SP3-TEL). 

Sebagai fasilitator dalam diksusi ini, disampaikan oleh Nelson F Saragih yang juga salah satu pimpinan pusat FSP2KI. Dalam materi yang disampaikan Nelson F Saragih, menyebutkan mengenai beberapa prinsip-prinsip yang wajib ada dalam serikat pekerja/serikat buruh, seperti; integritas, solidaritas, sukarela, independen, demokratis, mandiri, dan bertumbuh

Metode yang disampaikan dalam diskusi ini adalah share pengalaman atau bertukar pendapat dengan sesama peserta. Selaku pimpinan pusat FSP2KI, Nelson meminta masukan dan pendapat dari peserta diskusi mengenai topik diskusi ini, yaitu Bagaimana Menjalankan Serikat Pekerja, karena masukan-masukan yang diberikan oleh peserta disksui dapat menjadi bahan persiapan FSP2KI di kongres nanti dan juga dapat dikembangkan menjadi modul-modul pendidikan FSP2KI dikemudian hari. 

Selain dari yang telah disampaikan di atas, pada diskusi ini peserta diberikan gambaran-gambaran dan diajak untuk sama-sama mengeluarkan pendapatnya mengenai beberapa bagian yang merupakan proses yang ditempuh dalam menjalankan serikat pekerja. Mulai dari membentuk serikat pekerja, prinsip serikat pekerja, kepemimpinan serikat pekerja, manajemen serikat pekerja, administrasi serikat pekerja, keuangan serikat pekerja dan rapat serikat pekerja…. (mip)