Bagaimana Merumuskan Hak dan Kepentingan Buruh Dalam PKB



Media-FSP2KI. Pendidikan negosiasi Perjanjian Kerja Bersama (PKB) khusus untuk perempuan telah dilaksanakan di Hotel Panorama Lembang. Kegiatan ini merupakan program kerja IndustriALL/FNV Mondiaal/LO-TCO bekerja sama dengan afiliasi IndustriALL di Indonesia. Pendidikan ini dilaksanakan dari tanggal 30 Agustus 2015 sampai 01 September 2015.

Adapun yang menjadi tujuan diselenggarakannya pendidikan ini adalah untuk memperkuat afiliasi IndustriALL dan Serikat Pekerja/Buruh di Perusahaan Multinasional yang berhubungan dengan PKB, bagaimana merumuskan hak dan kepentingan buruh dalam PKB, serta taktik dan strategi dalam berunding bersama. Materi yang diajarkan adalah, bagaimana membuat pasal-pasal khusus dalam PKB yang tidak merugikan hak-hak pekerja perempuan. Selain dari itu dalam pelatihan ini, peserta juga diajarkan bagaimana cara membaca laporan keuangan perusahaan.

Federasi Serikat Pekerja Pulp dan Kertas Indonesia (FSP2KI) mengutus Trigusida Tobing, salah satu Pimpinan Pusat untuk turut serta menimba ilmu pengetahuan dalam Pelatihan ini. Peserta pendidikan adalah utusan dari beberapa pengurus serikat pekerja afiliasi IndustriALL di Indonesia yang berjumlah 34 orang, dengan narasumber Indah Saptorini (IndustriALL Indonesia) Tia Mboiek, Dimu Pratama (K3 Lion Indonesia), Ngatiyem (CEMWU), dan Indah Prihanande (dosen akutansi di salah satu universitas di Serang, Banten) 

FNV Mondial (Federation Dutch Labour Movement ) adalah organisasi buruh di Belanda, sedangkan LO-TCO adalah gabungan organisasi buruh yang berbasis di Swedia. LO (the Swedish Trade Union Confederation) dan TCO (the Swedish Confederation of Professional Employees)