BARIS (Barisan Perintis) SPKPD


 

Suasana pelatihan BARIS SPKPD (22-23 Desember 2013) di Karawang

Ditengah rindangnya pepohonan yang berada di kawasan Forestry milik PT.Pindo Deli,yang dekat dengan kawasan pabrik kertas PT.Pindo Deli 2, Kota Mekar-Karawang. Kawan-kawan kita yang ada di Serikat Pekerja Kertas Pindo Deli (SPKPD),baru-baru ini telah melaksanakan pelatihan untuk anggota BARIS (Barisan Perintis). Pelatihan ini diselenggarakan selama dua hari,yaitu dari tanggal 22 Desember 2013 sampai dengan 23 Desember 2013. SPKPD juga salah satu anggota Federasi Serikat Pekerja Pulp dan Kertas Indonesia (FSP2KI) yang ada di wilayah Jawa Barat.

Dari komunikasi melalui telpon antara Bidang Kampanye FSP2KI dan Arief Herman (Sekretaris Umum SPKPD) serta Suzana Br Purba (salah satu pengurus SPKPD bidang Gender yang menjabat juga sebagai Ketua Bidang Gender FSP2KI). Diperoleh gambaran mengenai BARIS SPKPD, yang sejatinya adalah salah satu pasukan khsusus SPKPD yang terdiri dari beberapa pekerja anggota SPKPD, yang memang secara suka rela bersedia untuk menjadi anggota BARIS. Pelatihan ini adalah pelatihan ketiga bagi kawan-kawan BARIS.

BARIS adalah salah satu elemen khusus yang ada di SPKPD dan memang dipersiapkan oleh SPKPD untuk melakukan tugas-tugas khusus, seperti pengamanan saat aksi dan lain-lainnya, intinya kawan-kawan BARIS,dapat diidentikan seperti Garda Metal milik kawan-kawan kita di Federasi Serikat Pekerja Metal (FSPMI).

Dari metode pelatihan yang diberikan kepada para anggota BARIS, SPKPD memang telah mempersiapkan materi khusus, hal ini terbukti dengan sistim pembinaan yang dilakukan oleh SPKPD untuk kawan-kawan BARIS. Para anggota BARIS didik secara mental dan fisik untuk menjadi pasukan terdepan bagi SPKPD ketika terjadi aksi dan demontrasi,maupun kegiatan-kegiatan lain yang diadakan oleh kawan-kawan SPKPD.

Anggota BARIS sendiri berjumlah 53 orang yang memang berasal dari anggota SPKPD dan ada juga beberapa pengurus SPKPD. Untuk saat ini panglima BARIS dipimpin langsung oleh Edi Sumardi, salah satu pengurus SPKPD dan juga sebagai Wakil Presiden FSP2KI.

Sebagai instruktur dalam pelatihan ini, SPKPD mendatangkan saudara Entis, seorang pelatih profesional yang memang biasa memberikan pelatihan-pelatihan semacam ini. Tujuan pelatihan adalah untuk meningkatkan solidaritas dan kebersamaan sesama anggota BARIS. Dalam pembukaan pelatihan ini hadir Presiden Konfederasi Serikat Nasional (KSN) Ahmad Daryoko dan Nelson Ferdinan Saragih (Sekretaris Jenderal FSP2KI) yang sempat menyematkan seragam kepada anggota baru BARIS……(mip)