BELAJAR BERDEMOKRASI DARI BURUH SIAMINDO KARAWANG

fsp2ki.org- Serikat Buruh Kerakyatan (SERBUK) PT Siamindo Concrete Produts (SICP) akan menggelar pesta demokrasi, memilih Ketua Serikat Buruh. Pemilihan ini merupakan mekanisme yang dimandatkan oleh AD/ART organisasi. Dalam pemilihan yang akan dilaksanakan pada 29 Februari 2020, terdapat enam jkandidat yang akan bertarung memperebutkan sekitar 300an suara anggota.

Asep Ahmad, Ketua SERBUK PT SICP menjelaskan bahwa nama-nama yang terjaring sebagai calon ketua, berasal dari usulan anggota tiap departemen. “Prosesnya kita pastikan demokratis, semau diberi kesempatan yang sama untuk berlaga,” ujarnya. Menurutnya, pemilihan ini diharapkan akan menggerakkan roda organisasi dan partisipasi anggota sehingga pada gilirannya serikat buruh mampu mewadahi aspirasi anggota.

Sementara, Ketua Departemen Hukum dan Advokasi Federasi SERBUK Indonesia yang juga menjadi salah satu kandidat mengatakan bahwa pemilihan ketua serikat di PT SICP akan dilaksanakan di pelataran pabrik pada 29 Februari 2020. “Nanti, semua anggota serikat shift 1,2, dan 3 akan bergantian memberikan suaranya dna akan dihitung secara terbuka,” kata Iwan yang akrab disapa Kinoy ini.

Senada dengan Kinoy, Ade Solihin kandidat dengan nomor urut 6 mengungkapkan harapannya agar pemilihan ketua serikat buruh di pabriknya berjalan dengan lancar. “Semua sudah dipersiapkan, panitia sudah bekerja dengan serius. Visi misi para calon juga sudah disosialisasikan. Kita berharap, suksesi akan menghasilkan kepemimpinan yang baik,” jelas Ade.

Pemilihan ketua serikat buruh di PT SICP, diikuti oleh 6 calon, yaitu: Abdul Hapid, Enjang, Iwan Sutisna, Bambang, Suhardi, Ade Solihin. Nama-nama kandidat ini disaring secara terbuka lewat usulan anggota. Selain dicalonkan oleh anggota, beberapa di antaranya mengajukan diri untuk menjadi calon. Semua calon, diberi kesempatan yang sama untuk mensosialisasikan visi, misi, beserta program kerja yang akan mereka laksanakan kelak ketika sudah terpilih. Beberapa program yang banyak disoroti oleh anggota adalah perundingan Perjanjian Kerja Bersama (PKB). Di perusahaan ini, belum terbentuk PKB meskipun penbgurus sudah berkali-kali mengajukan draft kepada perusahaan. Komite Eksekutif Federasi SERBUK Indonesia Fajar Setyo Nugroho menjelaskan bahwa PKB merupakan program terbesar yang akan menjadi tanggung jawab kepengurusan periode berikutnya. “Pemilihan tahun ini untuk memilih Ketua periode keempat, dan PR terbesar adalah berunding PKB yang sudah tertunda beberapa tahun,” ujar Fajar.

Siamindo adalah perusahaan yang tergabung dalam induk perusahaan Siam Cement Group (SCG), perusahaan multinasional yang berbasis di Thailand. Sama seperti perusahaan lain dalam naungan SCG, isu yang juga mengemuka adalah Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), upah sektoral, dan perbaikan kondisi kerja. SERBUK Indonesia dan Building and Woodwokres’ International (BWI) sebagai afiliasi internasional, telah mendukung perjuangan global untuk buruh-buruh di bawah SCG< termasuk Siamindo.

Kita tentu saja mengharapkan, melalui demokrasi asli yang lahir dari dinding pabrik dan deru mesin produksi ini, akan lahir kepemimpinan buruh yang tegak berdiri di barisan depan: memperjuangkan kesejahteraan.

Selamat berdemokrasi, kawan-kawan Siamindo.