BERTERIAK DAN MENULISLAH SAMPAI UJUNG KERTAS MU

MEDIA – FSP2KI, Bertempat di Sekretariat FSP2KI Karawang, sebanyak 25 orang peserta mengikuti pendidikan mengenai kampanye dan propaganda. Hadir sebagai fasilitator pendidikan adalah Dian Septi Trisnanti (FBLP, Jakarta). Peserta berasal dari SPK PD, SP. SCK, SP. SJI dan SP. KMP yang merupakan anggota FSP2KI Jawa Barat.
Pendidikan berdurasi 3 jam tersebut dimulai dari pukul 16.30, sesudah para peserta pulang bekerja shift 1 di perusahaan. Dian menjelaskan bahwa Kampanye, pada dasarnya sudah dilakukan oleh para buruh di pabrik, salah satu contohnya adalah munculnya berbagai status facebook berkaitan dengan kehidupan buruh di pabrik. Ada cerita mengenai upah, undangan aksi, kritik atas kondisi kerja atau solidaritas terhadap kawan yang di PHK. Sayangnya, kampanye tersebut belum dilakukan secara terencana sehingga dapat berhasil guna menembus target kampanye yaitu mengajak partisipasi anggota untuk lebih terlibat dalam kegiatan serikat.

Setiap Pribadi-pribadi yang ada, terutama anggota serikat banyak memiliki potensi menyelesaikan masalah sendiri maupun serikatnya, mereka memiliki pemikiran yang jenius untuk menyelesaikan permasalahan atau menemukan rumusan – rumusan yang baik, tetapi terkadang untuk menyampaikan apa yang mereka temukan atas pengalamanya di atas kertas ataupun di Higtec pemberitaan menjadi tersandung, karena terpokus bagai mana cara menulis yang baik dan benar. Kita adalah buruh yang sehari – hari bergelut dengan pekerjaan kita, tidak ada alasan untuk takut salah untuk menulis apa yang akan kita tulis. “Coretlah sampai akhir halaman kertasmu”

Djeny Bakulu, Wapres FSP2KI yang membuka pendidikan menyatakan bahwa kampanye, mejadi bagian penting dari serikat pekerja bukan saja untuk mengkampanyekan dirinya agar dikenal luas anggota tetapi juga menawarkan program terbaik agar dukungan semakin meluas.

Sessi pertama pelatihan membahas mengenai Fokus kampanye, dimana peserta diminta untuk mendiskusikan secara berkelompok mengenai fokus yang hendak dituju dari sebuah kampanye. Pendidikan yang di adakan hari ini masih akan dilanjutkan dalam 2 sessi berikutnya, dengan fasilitator dari Aji Jakarta, Luviana. (khi)