BURUH HARUS BERDAYA MENGADVOKASI DIRINYA

LBH Jakarta dan Korwil FSP2KI Jawa Barat menyepakati sebuah MoU berkaitan dengan pelaksanaan pendidikan tentang hukum dan advokasi berbasiskan komunitas. Dalam kesepahaman  tersebut, disepakati bahwa LBH Jakarta dan Korwil FSP2KI Jawa Barat menyelenggarakan pendidikan dengan rencana tindak lanjut pasca pendidikan.

Untuk menjalankan kesepahaman tersebut, pada tanggal  12 September 2015 yang lalu, telah dijalankan pendidikan pertama di 3 basis baru FSP2KI di Wilayah Jawa Barat yaitu SP. DCK, SP. SJI dan SP. KMP yang berlokasi di Pangkalan Loji. Tidak kurang dari 35 peserta hadir dalam pendidikan tersebut yang mengupas berbagai hak normatif buruh dalam UU  Ketenagakerjaan 13 tahun 2003.
Bambang Tambora, selaku korwil Jawa Barat menyatakan bahwa pendidikan ini, rencananya akan dilaksanakan dalam 3 sessi  yaitu pada tanggal 12, 19 dan 26 September 2015 dengan peserta yang sama. Lebih lanjut, Batam (panggilan akrab Bambang Tambora) menjelaskan bahwa pendidikan ini dimaksudkan sebagai awal untuk mempersiapkan pendiidkan yang lebih tinggi yakni paralegal.  Sementara Djeny Bakulu, Wakil Presiden FSP2KI yang berdomisili di Karawang memberikan dukungan terhadap pelaksanaan pendidikan ini sebagai wujud relasi timbal balik antara SPA dengan Federasi. FSP2KI berkomitmen memperkuat anggota dan anggota berkomitmen menjalankan arahan federasi, utamanya pendidikan. Lebih lanjut, Djeny menjelaskan bahwa program kerjasama pendidikan hukum bersama LBH Jakarta ini sudah dijalankan di wilayah Riau dan Sumatera Selatan.
Fasilitator pendidikan dari LBH Jakarta, Wirdan Fauzi menurut rencana akan membagi sessi pelatihan menjadi 3 tahap yang harapannya akan mempermudah peserta membedah pemahaman awalnya berkaitan dengan hak notmatifnya. Sesudah tahap pertama selesai akan dilanjutkan dengan pemehaman mengenai kemerdekaan dan hak berserikat dan kemudian disempurnakan dengan kursus singkat mengenai Hak Asasi Manusia (HAM).
Wirdan mengharapkan pendidikan ini berdaya guna meningkatkan kemampuan para buruh dalam mengadvokasi dirinya, sebab ketika buruh berdaya maka serikat buruh akan menjadi lebih kuat. Selamat berpartisipasi dalam pendidikan sessi berikutnnya. Long Live Education (khi)