Buruh Kertas Bersatu



Saat semua buruh serikat pekerja anggota Federasi Serikat Pekerja Pulp dan Kertas Indonesia (FSP2KI) Kordinartor Wilayah Jawa Barat (KORWIL JABAR) dan beberapa organisasi buruh lainnya berkumpul di sekretariat baru FSP2KI, maka pada 1 Februari 2015 yang lalu, telah deklarasikan Group Buruh KertasBersatu.


Cikal bakal group Buruh Kertas Bersatu ini adalah berawal dari terbentuknya group Wakwaw oleh sebagian kawan-kawan pekerja di PT.Pindo Deli Pulp And Paper Mills Karawang yang tergabung dalam Serikat Pekerja Kertas Pindo Deli (SPKPD) Karawang. Demi terbentuknya persatuan dan kesatuan bersama, antar sesama buruh maka dalam kesempatan yang baik ini, kawan-kawan group Wakwaw melebur diri menjadi Group Buruh Kertas Bersatu.

Maksud dan tujuannya adalah agar nama Buruh Kertas Bersatu, dapat menjadi pemersatu antar sesama buruh Pulp dan Kertas serumpun dan juga menjadi pemersatu antara sesama buruh-buruh lainnya. Harapan ke depan, komunitas ini dapat menjadi alat pemersatu, yang dimulai dari bawah untuk kebesaran FSP2KI khususnya dan menjadi kendaraan pemersatu dengan kawan-kawan buruh lainnya.

Dalam kesempatan yang baik ini, semua kawan-kawan yang hadir telah menandatangani helai kain Deklarasi (seperti yang ada pada foto). Helai kain deklarasi ini ditanda-tangani oleh kawan-kawan Serikat Pekerja Kertas Cimberlyclark Indonesia (SPKCI) dan kawan-kawan dari Forum Buruh Lintas Pabrik Jakarta (FBLP), Perempuan Mahardika Jakarta, Radio Marsinah 106 FM Jakarta dan Lembaga Informasi Perburuhan Sedane Bogor (LIPS) turut bertandatangan dalam deklarasi ini. Harapan lainnya, semoga helai kain deklarasi ini dapat ditanda tangani juga oleh kawan-kawan SPA FSP2KI lainnya pada saat Kongres FSP2KI Ke IV.