DEWAN PENGUPAHAN KABUPATEN MUARA ENIM TERBENTUK

MEDIA-FSP2KI, Pada periode sebelumnya atau beberapa tahun belakang dewan pengupaha tingkat kota/kabupaten belum dapat di bentuk di karenakan belum lengkapnya instrument dari perwakilan yang menentukan agar dewan pengupahan itu sendiri bias berjalan. Tahun belakang belum adanya perwakilan dari pihak pengusaha yang di wakili oleh Apindo, untuk tahun 2015 ini dewan pengupahan tingkat kota telah di bentuk, instrument yang menjadi syarat-syarat dewan pengupahan itu sendiri telah lengkap.
Dalam rangka menentukan Upah Minimum Kabupaten (UMK), Disnakertrans kabupaten Muara Enim menggelar rapat dewan pengupahan yang di hadiri 30 orang perwakilan yang terdiri dari serikat pekerja, akademisi, managemen perusahaan, perwakilan APINDO dan dari tim BPS kabupaten Muara enim, rapat pada, Selasa /08/09/2015 adalah rapat  kali keduanya, yang sebelumnya sebulan sebelum juga di adakan rapat pra pembentukan tim pengupahan itu sendiri.
 
Sesuai PERMENAKER NO 7 Tahun 2013,UMK (upah minimum kota ) di umumkan oleh Gubernur tanggal 21 November, artinya dan semestinya survey harga KHL sudah di lakukan minimal setiap bulan sehingga mendapat harga yang valid dan bisa di pertanggungjawabkan, mungkin karena Surat keputusan dari Bupati tentang dewan pengupahan priode 2015-2016 baru di terbitkan, maka survey baru bisa di lakukan di awal bulan Oktober 2015 ini, karena rentan waktunya sedikit, tentunya tim harus bekerja cepat dan sebaik mungkin, sehingga bisa memenuhi harapan sesuai yg di amanatkan oleh Undang-undang.
 
Dari hasil rapat tersebut di sepakati survey di lakukan di empat pasar tradisional, dan di bentuk empat tim survey, antara lain, pasar tradisional Lawang kidul, Muara Enim, Tebat Agung dan Gelumbang, penanggung jawab survey sekaligus adalah ketua tim, di tiap – tiap lokasi survey.
 
Satu hal yang mengembirakan perwakilan dari serikat pekerja di bawah Federasi serikat pekerja pulp dan kertas Indonesia, korwil sumatera terpilih dua orang untuk mengawal pengupahan UMK kabupaten Muara enim. Mari kita dukung dan kawal kinerja teman – teman dewan pengupahan agar dapat bekerja dengan baik sehingga menghasilkan keputusan yang baik pula.