Dialog PIMPUS FSP2KI dan Pengurus SPKPD

Pada tanggal 24 Juni 2013, bertempat di Sekretariat FSP2KI (Federasi Serikat Pekerja Pulp dan Kertas Indonesia) di Karawang, telah dilaksanakan dialog antara Pimpinan Pusat FSP2KI (PIMPUS FSP2KI)dengan pengurus SPKPD (Serikat Pekerja Kertas Pindo Deli). Dialog ini adalah termasuk salah satu bentuk silaturahmi Pimpinan Pusat FSP2KI kepada serikat pekerja anggota FSP2KI.
Pimpinan Pusat FSP2KI yang hadir dalam pertemuan tersebut terdiri dari ; Hamdani (Presiden),Sumardi (Wapres),Nelson F Saragih (Sekjend),Sumanto (Bendahara),dan M.Ikhsan Prajarani (Divisi Kampanye & Propaganda FSP2KI). Selain dari PIMPUS dalam pertemuan itu dihadiri juga  oleh kawan-kawan pengurus Wira Mandala dari SP Riau Pulp dan M.Daud dari SP PTSI, Agus Susanto KORWIL RIAU,Darwin KORWIL SUMSEL, dan Didi Palepi Sekorwil SUMSEL.

Bung Rocmad selaku Ketua Umum SPKPD menyampaikan bahwa SPKPD baru saja menyelesaikan penandatanganan PKB dengan pihak Management PT.Pindo Deli. Menurut Bung Rocmad, perundingan ini cukup alot dan Alhamdulillah dalam perundingannya tidak terjadi halangan apapun. Bung Rocmad juga meminta dukungan dan do’a dari seluruh keluarga besar FSP2KI, karena setelah ini mereka akan melakukan pembahasan dengan pihak management Pindo Deli,terkait tiga masalah yang belum selesai,yaitu ; Outsourcing, Tunjangan uang makan dan transportasi akibat terjadinya kenaikan BBM, dan TUR karyawan. Ketua SPKPD mengucapkan terimakasih atas kunjungan ini dan mudah-mudahan komunikasi ini terus terbangun dengan baik.
Dalam kesempatan tersebut Presiden FSP2KI menyampaikan kepada kawan-kawan pengurus SPKPD,mengenai kondisi FSP2KI secara umum. Pasca KLB di Pekanbaru-Riau, FSP2KI mencoba membangun paradigma baru yang berpegang kepada empat prinsip organisasi,yaitu : Integritas,Solidaritas, Pelayanan pada anggota, dan Transparansi. Presiden juga menyampaikan bahwa dalam struktur organisasi PIMPUS FSP2KI terdiri dari para pekerja aktiv yang berada di beberapa perusahaan sektor pulp dan kertas di Indonesia. Kondisi ini tentu saja sangat berpengaruh terhadap pelayanan kepada SPA. Belum lagi jarak yang jauh sangat menyita tenaga dan biaya bagi PIMPUS FSP2KI.
Untuk mengatasi hal tersebut, sesuai dengan kesepakatan yang ada dengan PAPPERS Swedia,maka FSP2KI akan mengangkat Bung Khamid Istakhori sebagai salah satu staff officer di FSP2KI. Keputusan untuk menentukan siapa yang akan menjadi staff officer di FSP2KI telah dsampaikan dalam RAKERNAS FSP2KI yang telah dilaksanakan pada 22-23 Juni 2013 di Bandung Jawa Barat.Dengan diangkatnya bung Khamid mudah-mudahan FSP2KI dapat meningkatkan perannya sebagai sebuah organisasi pekerja/buruh,mengingat pada masa-masa yang akan datang tentu tantangan bagi FSP2KI akan semakin berat dan kompleks.
Dalam kesempatan pertemuan ini, Presiden juga menyampaikan beberapa hasil dari RAKERNAS FSP2KI di Bandung kemarin,antara lain ; Pelatihan pengurus SPA, dan akan berperan aktiv dalam setiap aksi pergerakan perburuhan baik di tingkat wilayah dan nasional. Selain dari itu,dengan adanya sekretariat FSP2KI di Karawang, kawan-kawan yang ada di wilayah Jawa Barat dapat menjadikan sekretariat ini sebagai rumah bagi buruh,yang dapat digunakan sebagai tempat interaksi dan kegiatan.
Untuk agenda rencana ke depan,Presiden FSP2KI menyampaikan bahwa salah satu program kerja yang belum terlaksana adalah membuat upah sektoral pulp dan kertas. Untuk itu FSP2KI akan mencoba membuka dialog dengan berbagai pihak,seperti APINDO,APKI, dan Pemerintah. Presiden juga menyampaikan bahwa “jangan kita hanya membuat program tetapi tidak dilaksanakan”, untuk itu perlu dukungan dan kerja sama dari semua pihak yang ada dalam keluarga besar FSP2KI. Salah satu program prioritas FSP2KI adalah pendidikan SPA. Dalam waktu dekat FSP2KI akan membuat bendera besar yang akan disebar di setia SPA yang berada di tiga Kordinator Wilayah,yaitu : Pekanbaru,Palembang dan Jawa Barat. Kenapa hanya tiga wilayah ini yang akan disebar,karena di tiga wilayah ini yang memang aktiv melakukan pergerakan.