Dialog Sosial Menghasilkan Kesepakatan

Serikat Pekerja Perawatan dan Pelayanan-TEL (SP3-TEL) adalah salah satu Serikat Pekerja Anggota (SPA) Federasi Serikat Pekerja Pulp dan Kertas Indonesia (FSP2KI) yang ada di wilayah Sumatera Selatan. SP3-TEL beranggotakan semua pekerja di PT.Truba Jaya Engineering (PT.TJE),salah satu perusahaan alih daya yang ada di PT.Tanjungenim Lestari (PT.TEL)

Pada tanggal 18 Maret 2014 telah ditandatangani kesepakatan bersama antara pengurus SP3-TEL dan site manajemen PT.TJE. Kesepakatan ini berkaitan dengan beberapa usulan mengenai peningkatan kesejahteraan pekera. Proses perundingan bipatite yang dilakukan oleh kedua belah pihak memakan waktu yang cukup panjang. Perundingan bipartite pertama dilaksanakan pada 29 Januari 2014, perundingan kedua dilakukan pada 21 Februari 2014 dan terakhhir pada 18 Maret 2014 (sebanyak tiga kali). 
Menurut informasi yang diterima dari pengurus SP3-TEL, ada beberapa topik bahasan yang dibicarakan dalam perundingan bipartite tersebut. Dari keseluruhan topik bahasan perundingan, ada sekitar lima point yang menjadi skala prioritas pengurus SP3-TEL, point-point tersebut adalah :
  • Peningkatan Jaminan Pelayanan Kesehatan (Rawat Jalan,Rawat Inap,dll)
  • Pengaruh Kenaikan Upah Minimum Propinsi Sumatera Selatan Tahun 2014 Terhadap pekerja (Kenaikan upah sundulan)
  • Kenaikan Tunjangan Shift dan Uang Makan
  • Hak Cuti Tahunan dan Hak Cuti lainnya
  • Rencana untuk menyusun Perjanjian Kerja Bersama (PKB) antara SP3-TEL dan Site Manajemen PT.TJE
Kesepakatan yang telah dilakukan oleh kedua belah pihak merupakan hasil dari terciptanya dialog sosial yang baik antara kedua belah pihak.  Komunikasi yang baik telah tercipta antara perusahaan (site manajemen PT.TJE) dan SP3-TEL. Sehinga dari setiap persoalan yang ada diantara kedua belah pihak dapat terselesaikan dengan jalan musyawarah yang dilakukan.

FSP2KI mengucapkan selamat atas kesepakatan yang telah dicapai oleh kedua belah pihak, semoga hubungan industrial yang telah terjalin dengan baik antara kedua belah pihak dapat terus berlanjut selamanya.