Evaluasi dan Konsolidasi FSP2KI



Dari 26-28 September 2014, Federasi Serikat Pekerja Pulp dan Kertas Indonesia (FSP2KI) melaksanakan Mid Term Evaluation and Planning Meeting FSP2KI-PAPPERS atau dalam bahasa Indonesianya Rapat Evaluasi Pertengahan Tahun FSP2KI-PAPPERS. Rapat ini dilaksanakan di Jhon Pardede Internasional Hotel, yang ada di Jalan Raden Saleh, Jakarta Pusat.

Peserta rapat sendiri terdiri dari seluruh Pimpinan Pusat FSP2KI (PIMPUS FSP2KI) hanya tiga orang PIMPUS yang nggak hadir, dua orang kawan-kawan kita dari PAPPERS Swedia (Mikael Lilja dan Lasse) serta dua orang kawan-kawan kita dari LO-TCO (salah satu konfederasi serikat buruh yang ada di Swedia), yaitu Patrick dan Karina.
Selain dari yang telah disebutkan di atas, dalam rapat kali ini hadir juga beberapa perwakilan Serikat Pekerja Anggota (SPA) FSP2KI, yang datang dari beberapa wilayah, seperti ;
  1. Marwandi (Serikat Pekerja Hotel Unigraha)
  2. Refredo (Serikat Pekerja Perjuangan Keadilan)
  3. Wawan Gunawan (Serikat Pekerja Perjuangan Rimba Lestari)
  4. Myson Eka Wijaya (Serikat Pekerja Perjuangan Rimba Lestari)
  5. Endang (Serikat Pekerja Kertas Pindo Deli)
  6. Jhon Ken (Serikat Pekerja Kertas Pindo Deli)
  7. Jhon Hendri (Serikat Pekerja Riau Andalan Kertas)
  8. Erizal Ali (Serikat Pekerja Riau Andalan Kertas)
  9. Wira Mandala (Serikat Pekerja Riau Pulp)
  10. Ade (Serikat Pekerja Riau Pulp)
  11. M.Daud (Serikat Pekerja Peptech Service Indonesia)
  12. Arie Kesumah (Serikat Pekerja Peptech Service Indonesia)
  13. Adri Susanto (Serikat Pekerja Perawatan dan Pelayanan-TEL)

Selama berlangsungnya kegiatan ini, ada empat agenda utama yang dibahas dalam rapat tersebut, yang terdiri dari :
  • 26 September 2014, dimulai pukul 19.00 s/d 22.00 WIB. Rapat Pimpinan Pusat FSP2KI, dengan agenda evaluasi dan perkembangan situasi dan kondisi FSP2KI secara keseluruhan.
  • 27 September 2014, dimulai pukul 08.00-17.00 WIB. Rapat evaluasi tengah tahun FSP2KI-PAPPERS, dengan agenda evaluasi kerja sama project FSP2KI-PAPPERS, yang dihadiri oleh LO-TCO.
  • 27 September 2014, dimulai pukul 19.00-22.30 WIB, diskusi FSP2KI dengan LBH Jakarta (Diki dan Ikhsan) dengan topik diskusi ; Perburuhan, Objek Vital Nasional dan Paralegal.
  • 28 September 2014, pukul 09.00 WIB penutupan Rapat Evaluasi Tengah Tahun FSP2KI-PAPPERS, dilanjutkan dengan rapat kordinasi PIMPUS dengan SPA.

Dari rapat kordinasi PIMPUS dan SPA, ada beberapa masukan dari peserta rapat kordinasi khususnya berkaitan dengan pendidikan. Seperti yang disampaikan oleh Muhamad Daud dari SPPTSI “kalau bisa agar FSP2KI memberikan pembekalan/pelatihan yang berkaitan dengan pengupahan”
Selain itu ada juga Wawan Gunawan, bertanya kepada Ketua Bidang Gender FSP2KI (Susana Br Purba) mengenai peran bidang gender berkaitan dengan pekerja perempuan. Sementara itu Erizal Ali menyampaikan kalau bisa untuk pelatihan di Pekanbaru, PIMPUS saja yang menentukan jadwal pelatihan untuk di Pekanbaru.

Demikian sekilas kabar dari kegiatan Rapat Mid Term FSP2KI-PAPPERS, sekaligus rapat pimpinan pusat FSP2KI yang baru saja selesai diselenggarakan, mari kita memperkuat FSP2KI karena FSP2KI adalah milik SPA….(MIP)