• Home »
  • AKSI »
  • FSP2KI dan IndustriALL Indonesia Bersama Melawan Precarious Work

FSP2KI dan IndustriALL Indonesia Bersama Melawan Precarious Work



Setiap tanggal 7 Oktober, kebanyakan organisasi pekerja/buruh memperingatinya sebagai Hari Dunia untuk Pekerjaan yang Layak. Selama sehari, organisasi serikat buruh/serikat pekerja, federasi serikat pekerja/serikat buruh dan asosiasi pekerja lain melakukan tindakan untuk mempromosikan ide mereka mengenai Pekerjaan yang Layak. Tindakan ini dilakukan  bervariasi, seperti demonstrasi di jalanan, melakukan pagelaran musik atau konferensi dan diskusi yang diadakan oleg serikat buruh/serikat pekerja di banyak negara.

Pada saat yang bersamaan, Federasi Serikat Pekerja Pulp dan Kertas Indonesia (FSP2KI) sebagai salah satu bagian organisasi buruh/pekerja yang ada di Indonesia, turut serta mengambil tindakan dalam memperingati Hari Pekerjaan Layak Sedunia.
Selain dari pada itu sebagai bagian dari afiliasi IndustriALL Global Union, FSP2KI turut serta bersama-sama dengan afiliasi IndustriALL lainnya yang ada di Indonesia. FSP2KI turut serta mengambil tindakan aksi demontrasi di Bundaran Hotel Indonesia (Bundaran HI)
Untuk tindakan aksi demontrasi di Bundaran HI, FSP2KI mengutus kawan-kawan Serikat Pekerja Anggota FSP2KI (SPA FSP2KI) yang ada di wilayah Jawa Barat. Sekitar 30 orang pengurus Serikat Pekerja Kertas Pindo Deli (SPKPD) dan pengurus Serikat Pekerja Kimberly Clark Indonesia (SPKCI), bersama-sama dengan Pimpinan Pusat FSP2KI (Edi Sumardi, Susana BR Purba dan Khamid Istakhori) berangkat menuju pusat ibukota negara di Jakarta untuk bergabung dengan ribuan buruh lainnya, pada perayaan Hari Pekerjaan Layak Sedunia tahun ini (7/9/2014)

Selain dari kawan-kawan SPA wilayah Jawa Barat, kawan-kawan FSP2KI wilayah Sumatera Selatan (SUMSEL) tak ketinggalan untuk berpartisipasi dalam perayaan Hari Pekerjaan Layak Sedunia. Bentuk tindakan yang dilakukan oleh kawan-kawan FSP2KI SUMSEL adalah dengan melakukan Diskusi Bersama SPA dan Pimpinan Pusat (Nelson dan Ikhsan) dengan topik diskusi Precarious Work (Pekerjaan Tidak Layak).
Disksui ini dilakukan di sekretariat Serikat Pekerja PT.Tanjungenim Lestari (SPPT-TeL). Hadir dalam kegiatan ini beberapa pengurus SPA FSP2KI SUMSEL, yang terdiri dari pengurus SPPT-TeL, pengurus Serikat Pekerja Security-PT.TEL (SPS-PT.TEL) dan pengurus Serikat Pekerja Perawatan dan Pelayanan-TEL (SP3-TEL)

Beberapa kegiatan-kegiatan di atas merupakan bentuk kampanye organisasi pekerja/buruh untuk mempromosikan pekerjaan yang layak. Pekerjaan yang layak untuk hidup sebagai solusi untuk melawan kemiskinan. Tujuan kampanye ini fokus pada pembangunan kesadaran pekerja akan pentingnya pekerjaan yang layak. Dengan cara mempromosikan pekerjaan yang layak sebagai satu-satunya cara yang berkelanjutan untuk melawan kemiskinan, membangun demokrasi dan kohesi sosial…(mip)