FSP2KI HARUS MAMPU MANDIRI MENYOSONG REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Tepat pada tahun  ini,  masa jabatan 5 tahun pengurus Federasi Serikat Pekerja Pulp Dan Kertas Indonesia ( FSP2KI ) telah menjalankan amanat Angaran Dasar. Peserta yang hadir hampir keseluruhan dari perwakilan Serikat Pekerja ( SPA ), ada 58 peserta delegasi/utusan dari SP, 13 organisasi  undangan pemerintah, non pemerintah dan federasi lainnya termasuk dari paper Swedia.

Melalui Kongres V FSP2KI yang akan dilaksanakan pada tanggal 29-30 April 2019 bertempat di Jakarta ini, serta posisi dirinya sebagai Federasi Nasional dan bagian dari pergerakan kekuatan Global sebagai anggota IndustriAll, mengangkat tema  “ Membangun Kesadaran Menuju Kemandirian,  Songsong Revolusi Industi 4.0”  hal ini harus diciptakan  menjadi Momentum untuk Meneguhkan Posisi dan Peran FSP2KI dalam Percaturan Pergerakan Perburuhan Indonesia dan Mewujudkan Cita-cita FSP2KI sebagai Representasi Serikat Pekerja Sektoral Pulp dan Kertas (di) Indonesia.

Tidak terlepas dari pekerja Pulp dan kertas, perkembangan industri pulp dan kertas di era 2000 an ini  yang demikian meningkat pesat akan beransur-ansur tergerus oleh digitalisasi  Penggunaan kertas semakin menurun dengan digitalisasi dan Internet of Things di berbagai lini, kalangan pengusaha, pemerintah, serikat pekerja, pekerja, masyarakat dan lingkungan tanpa sadar tergiring oleh era digital. Sementara, kecanggihan kecerdasan buatan, big data, dan Internet semakin mengancam untuk menggantikan tenaga kerja buruh. Dan juga keberlansungan  sektor pulp dan kertas yang berImplikasi kepada  industri sektor lain seperti kehutanan, masyarakat adat, dll.

Kongres  FSP2KI Menentukan Nasib Buruh Pulp dan Kertas   
Buruh harus semakin terorganisir, solid, dan mengasah keahlian dalam menghadapi tantangan-tantangan industri pulp dan kertas. Jika tidak, hak-hak buruh akan semakin dipinggirkan dan kesejahteraan pekerja akan sulit dicapai.

Tantangan yang sedemikian kompleks tersebut, menempatkan FSP2KI  pada pilihan sadar untuk mampu menjawab dengan tegas tantangan demi tantangan. Federasi anggota Konfederasi Persatuan Buruh Indonesia itu mengajak seluruh anggota dan pekerja pada sektor Pulp dan Kertas untuk bersama dalam posisi strategisnya memberikan sumbangsih pada perjuangan buruh. Sumbangsih nyata itu, hanya dapat diperankan dengan sebaik-baiknya apabila FSP2KI memiliki posisi yang kuat dan mampu menegaskan keberadaannya sebagai Representasi Serikat Pekerja Sektoral Pulp dan Kertas (di) Indonesia.
.