Hari Pekerjaa Layak Sedunia


Spanduk FSP2KI dalam Peringatan Decent Work 2013
Setiap tanggal 7 Oktober para pekerja buruh diseluruh dunia memperingati hari tersebut sebagai Hari Pekerjaan Layak Sedunia (The World Day for Decent Work). Pada tanggal 7 Oktober 2010, Hari Pekerjaan Layak Sedunia pernah dirayakan di Plaza Semanggi Jakarta, untuk mereka yang menyempatkan diri singgah ke Plaza Semanggi pada tanggal 7 Oktober 2010 tersebut mendapatkan sesuatu yang berbeda. Mereka mempelajari bahwa tanggal 7 Oktober bukanlah hari biasa, melainkan World Decent Work Day (Hari Pekerjaan Layak Sedunia). Tim Decision for Life (DFL) pada waktu itu,yang terdiri dari tim KSBSI, ASPEK, Gajimu dan mahasiswa,bergerak untuk memberitahu khalayak ramai bahwa hari ini merupakan Hari Pekerjaan Layak sedunia. Dengan membagikan brosur dan souvenir cantik lainnya, tim DFL mempromosikan mengenai kampanye – kampanye yang kita sedang kita lakukan[1]

APA ITU PEKERJAAN LAYAK atau DECENT WORK ?
Decent work adalah pekerjaan yang memungkinkan kita untuk bisa mengembangkan diri kita dan bisa membuat kita kaya. Misalnya : pekerjaan seperti data entry. Pekerjaannya membosankan tetapi kita dibayar mahal untuk itu,atau pekerjaan dengan gaji yang rendah tapi kita berkesempatan untuk pergi ke tempat-tempat menarik. Intinya kita bisa dapat salah satu manfaat dari pekerjaan kita,entah itu gaji yang besar atau potensi pengembangan diri.[1] 
Menurut Organisasi Perburuhan Internasional ILO,pekerjaan yang Layak melibatkan peluang untuk pekerjaan yang produktif dan memberikan pendapatan yang adil,keamanan di tempat kerja dan perlindungan sosial bagi keluarga,prospek yang lebih baik untuk pengembangan pribadi dan integrasi sosial,kebebasan bagi masyarakat untuk mengekspresikan keprihatinan mereka,mengorganisir dan berpartisipasi dalam pengambilan keputusan yang mempengaruhi kehidupan mereka dan kesetaraan kesempatan dan perlakuan bagi semua perempuan dan laki-laki.[2].  
Dalam enam tahun setelah peluncuran Hari Pekerjaan Layak Sedunia atau dalam bahasa Inggrisnya World Day For Decent Work (WDDW) puluhan juta orang telah mengambil tindakan pada 7 Oktober untuk membela hak-hak serikat dan pekerjaan yang layak .Tahun ini lagi ,serikat pekerja dari seluruh dunia akan memperingati hari tersebut yang akan dilakukan secara serempak untuk keadilan sosial dan pekerjaan yang layak untuk semua . 

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk melawan pekerjaan-pekerjaan yang tidak layak (Precariuous Work) seperti outsourcing (agency workers),pekerja kontrak (cotract workers),pekerja yang bekerja berdasarkan panggilan (on call workers), pekerjaan-pekerjaan yaang berbahaya dan semua pekerjaan yang tidak sesuai dengan harkat pekerja sebagai manusia. 
Federasi Serikat Pekerja Pulp Kertas Indonesia (FSP2KI) bersama-sama dengan jaringan serikat pekerja/serikat buruh lainnya,akan ambil bagian dalam kampanye melawan pekerjaan-pekerjaan yang tidak layak ini dengan cara yang dapat dilakukan di Serikat Pekerja Anggota (SPA) masing-masing seperti melakukan aksi, diskusi, memasang spanduk, poster ataupun bentuk lainnya. Agenda kegiatan FSP2KI sendiri dalam memperingati Hari Pekerjaan Layak Sedunia ini adalah dengan berbagai kegiatan, antara lain :
  • Pada tanggal 6 Oktober 2013.ditingkat pusat akan memperingatinya Hari Pekerjaan Layak dengan cara Aksi bersama solidaritas buruh Karawang.  Aksi ini akan dikoordinir oleh TABUR (Tim Advokasi Buruh Karawang). 
  • Pada tanggal 7 Oktober 2013,bersama-sama dengan seluruh afiliasi IndustriALL Indonesia (11 organisasi) akan melakukan aksi di Jakarta yang akan dikoordinir oleh IndustriALL Indonesia Council.
Referensi :

  1. Gajimu
  2. Wikipedia