Istana Dengarkan Suara Buruh

UNRAS 17/10/2013 di Bundaran HI


Dibawah teriknya matahari Jakarta yang membakar kulit, ribuan buruh yang tergabung dalam Sekber Buruh Jakarta, bergerak dari Bundaran Hotel Indonesia menuju Istana Presiden Jakarta. Tanggal 17 Oktober 2013, adalah hari yang dipilih oleh Sekretariat Bersama Buruh untuk menyuarakan aspirasinya.

Seperti yang ditulis Kompas,mengenai berita aksi buruh pada 17 Oktober 2013 kemarin menulis “Sebelum tiba di Istana, buruh melakukan aksi long march dari bundaran Hotel Indonesia. Mereka datang dan langsung membentangkan bendera serta melakukan orasi menuntut dicabutnya Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2013 tentang upah minimum. Buruh juga menolak sistem kerja alih daya atau outsourcing”

Sultoni, Koordinator Presidium dalam orasi pembuka di depan Istana Negara menyatakan dengan tegas bahwa gerakan buruh Indonesia, dalam kurun waktu yang lama sangat merindukan hadirnya semangat persatuan untuk memukul mundur musuh utamanya, yakni kapitalisme. Kapitalisme, menjadi  penanggungjawab atas kemiskinan, kemelaratan structural dan beraneka kesusahan rakyat.
Federasi Serikat Pekerja Pulp & kertas Indonesia (FSP2KI), yang bergerak dari Karawang dan Cikarang bersama Serbuk Karawang,menuju Jakarta untuk bergabung bersama-sama dengan masa buruh lainnya. Massa aksi dari FSP2KI dipimpin langsung oleh Sumardi (Wakil Presiden FSP2KI).
“FSP2KI, menyatakan sepenuhnya mendukung mogok nasional dan secara organisasional telah menginstruksikan kepada seluruh anggota untuk dapat terlibat, persiapan telah dilakukan dan terus dievaluasi,” Kata Sumardi di sela-sela Aksi tersebut.
Lebih tegas lagi, Maman Ali Usman,yang juga  selaku Wasekjen FSP2KI menyatakan bahwa “sebagai bagian dari Sekber Buruh, dan terlibat dalam konsolidasi nasional di Gedung Joeang 45, akan terlibat dalam setiap konsolidasi dan aksi pra mogok. Kami, bersama Serbuk Karawang, tergabung dalam Sekber”
Aksi di tutup pada sekitar pukul 15.00 wib, dan masa aksi yang berasal dari berbagai organisasi seperti Federasi Progresip, FPBI, FBLP, SBTPI, Serbuk, dan berbagai organisasi lainnya,dengan rapi melakukan long march dari istana presiden sampai patung Kuda di Indosat.