Jaminan Sosial Menjadi Bahasan Rapat SPKPD



Serikat Pekerja Kertas Pindo Deli (SPKPD) Karawang melaksanakan agenda pertemuan  pengurus dgn perwakilan anggota dari masing-masing unit kerja di PT. Pindo Deli Pulp and Paper Mills Karawang.. Pertemuan ini adalah priode yang ketiga di dalam periode kepengurusan sekarang, pertemuan dilaksanakan di ruang Sekretariat SPKPD Karawang di masing-masing Mills Pindo Deli yang ada di Kabupaten Karawang. Pada tanggal 2 September 2015 bertempat di Mills 2 Pindo Deli dilaksanakan pertemuan pertama, pertemuan ini dihadiri sekitar 50 orang perwakilan anggota. Pertemuan kedua dilaksanakan di Mill 1 Pindo Deli, yaitu pada tgl 3 September 2015 dan dihadiri sekitar 30 orang perwakilan anggota, begitu juga dengan pertemuan yang ketiga, dilakukan di Mills 3 pada 4 September 2015 dan dihadiri oleh 20 orang perwakilan anggota.

Pertemuan ini rutin dilaksanakan sesuai amanat Anggarann Dasar dan Anggaran Rumah Tangga SPKPD, yang  bersifat sosialisasi, informasi, konsolidasi, diskusi & edukasi. Para perwakilan anggota dari masing-masing Mills tersebut dengan antusias, menghadiri pertemuan ini, dikarenakan perlunya informasi yang akurat dari para pengurus mengenai perkembangan SPKPD.
Kesempatan pertemuan ini selain penyampaian informasi kegiatan juga disampaikan informasi yg terkini. Banyak hal yg di bahas melalui diskusi aktif dalam sesi acara tanya jawab, hal yang banyak di serukan yaitu masalah perlindungan sosial pada jaminan kesehatan. Para perwakilan anggota itu rata-rata hampir semua mempertanyakan perihal Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan BPJS Kesehatan, di mana masih sangat banyak permasalahan-permasalahan teknis yg mengakibatkan pekerja sebagai anggota BPJS masih kesulitan dalam mendapatkan hak jaminan kesehatan yang baik.
Sistem dan mekanisme prosedural yg terkesan rumit menjadikan pekerja kesulitan pada saat ingin berobat apalagi sering terjadi lempar tanggung jawab antara Fasitas Kesehatan dan BPJS Kesehatan. Teknis birokrasi yg berbelit-belit menjadikan pekerja itu kesulitan untuk segera mendapatkan penanganan pelayanan kesehatan dan tindakan media.
Permasalahan ini, menjadi pembelajaran bagi pengurus SPKPD untuk dipelajari dan menjadi bahan untuk menuntut pertanggung jawaban pihak BPJS terhadap pelaksanaan jaminan kesehatan.
Berharap agenda pertemuan ini slalu dihadiri oleh semua perwakilan anggota selain untuk menjalin tali silaturahmi rasa solidaritas pun agar dapat menyampaikan informasi dari beberapa arah menjadi satu arah pemahaman informasi dgn baik.

Pertemuan kali ini membuat beberapa kesimpulan permasalahan untuk segera diperhatikan dan dilaksanakan. Pelaksanaan dari segala permasalahan bukan berarti hanya cukup pengurus saja tetapi tetap ada peran aktif dari semua anggota untuk melakukan perbaikan dari segala permasalahan.