KEMAMPUAN MEMBACA LAPORAN KEUANGAN MENAIKAN NILAI TAWAR

Laporan keuangan pada dasarnya merupakan hasil dari suatu proses akuntansi yang bisa dipakai sebagai alat atau sebagai sarana berkomunikasi antara data keuangan dengan data/ aktivitas dari entitas usaha (perusahaan). laoran keuangan digunaan sebagai alat untuk mempertanggungjawabkan kepada pemilik perusahaan (pemegang saham).

Kegunaan laporan keuangan adalah untuk mengamati dan mengaalisis dari laporan keuangan neraca maka didapatkan gambaran mengenai posisi keuangan, sedangkan untuk menganalisa tentang gambaran hasil atau perkembangan dari usaha perusahaan diperlukan laporan keuangan rugi laba.

Pelatihan Membaca Laporan Keuangan Perusahaan diadakan oleh Sekolah Buruh pada 25 Maret di Hotel Evitel Cibitung. Pelatihan ini diikuti oleh 40 buruh yang berasal dari berbagai serikat buruh dengan fasilitator pelatihan  Indah Prihanande.  Pelatihan ini bertujuan peserta dapat memperoleh dan memahami laporan keuangan perusahaan serta menggunakannya dalam negosiasi dengan pengusaha untuk meningkatkan kesejahteraan pekerja.

Manfaat laporan keuangan bagi serikat pekerja adalah pekerja bisa melihat sejauh mana keuntungan / kerugian perusahaan.  Untuk perusahaan Tbk laporan keuangan bisa diperoleh dari laporan yang dipublikasi oleh media masa, sedangkan utk perusahaan tidak Tbk dapat diperoleh melalui negosiasi, kesepakatan atau melalui Kementerian Perdagangan RI Sb Dirjen Perdagangan Dalam Negeri.

Pemikiran yang salah

Selama ini kita berpikir membaca laporan keuangan itu susah, yang terpikir  adalah angka- angka, rumus-rumus atau istilah-istilah akuntansi yang sangat susah dimengerti ternyata pemikiranitu tidak sepenuhnya benar, Setelah kita mendapatkan pelatihan amatlah sederhana untuk mengetahui untung / rugi dari membaca laporan keuangan tersebut..

Pelatihan dilakukan dengan penyampaian teori akutansi dan praktek mengupas contoh nyata dari laporan keuangan perusahaan khususnya neraca dan rugi laba perusahaan.

Keuntungan mengetahui membaca laporan keuangan bagi serikat pekerja untuk Secara praktis pemahaman tentang laporan keuangan dapat meningkatkan kemampuan dan argumentasi bagi serikat pekerja untuk merundingkan PKB, mendapatkan bonus dan kenaikan upah.