Kenaikan Upah Pekerja PT.TeL

Sebagai pekerja, tentu kita berharap hasil kerja ataupun produktivitas yang sudah kita berikan selama satu tahun kepada perusahaan, mendapatkan apresiasi yang sepadan dari perusahaan. Apresiasi itu tentu saja diberikan melalui kenaikan upah pekerja dalam setiap tahunnya. Apakah kenaikan upah tahun ini lebih baik dari tahun kemarin,tentu kita tidak tahu. Untuk itu serikat pekerja/serikat buruh (SP/SB) mempunyai peran yang sangat penting dalam memperjuangkan kenaikan upah pekerja tersebut dan tentu saja kenaikan upah ini dapat meningkatkan kesejahteraan para pekerja.
20160120_100300
Ada banyak peran yang dilakukan oleh SP/SB dalam meningkatkan upah dan kesejahteraan pekerja,melalui wakil-wakil SP/SB yang duduk dalam Lembaga Kerja Sama Tripartit Nasional dan keterwakilan serikat pekerja dalam Dewan Pengupahan.Dalam upaya untuk meningkatkan kesejahteraan pekerja,salah satu perjuangan SP/SB adalah mempengaruhi para pembuat kebijakan dalam penetapan Upah Minimum Propinsi (UMP). 
Bahkan dalam penetapan UMP ini pun peran serikat pekerja dilakukan dengan masif,baik ditingkat nasional maupun regional/propinsi.Selain dari pada itu,dalam hal meningkatkan pendapatan pekerja,peran SP/SB ini dapat dilakukan dalam mekanisme perundingan Bipartit antara serikat pekerja dengan pihak perusahaan. Tujuan akhir yang ingin dicapai adalah upah yang layak bagi pekerja,sesuai dengan kebutuhannya.
Proses perundingan kenaikan upah yang dilakukan antara pengusaha dan SP/SB di tingkat pabrik atau perusahaan pun bukanlah suatu proses yang mudah untuk dilakukan.Para pengurus SP/SB haruslah benar-benar siap dan memahami konsep usulan yang akan mereka usung,selain itu pengurus SP/SB juga setidaknya mempunyai kemampuan dalam bernegosiasi,karena kemampuan pengurus SP/SB dalam bernegosiasi adalah suatu hal yang mutlak untuk dimiliki oleh pengurus SP/SB.
Dari informasi yang diberikan oleh kawan-kawan pengurus Bidang Media dan Komunikasi (MEDKOM) Serikat Pekerja PT.TeL (SPPT-TeL) kita dapat belajar dari pengalaman perundingan kawan-kawan SPPT-TeL tersebut.Dalam proses perundingan kenaikan upah,kemampuan kawan-kawan SPPT-TeL tidak perlu diragukan lagi,selain dari kemampuan TIM Perundingnya,kerja sama TIM adalah kunci keberhasilan perjuangan kawan-kawan SPPT-TeL,seperti yang tampak dalam proses perundingan kenaikan upah pekerja di PT.TeL untuk tahun 2013 ini.
Walaupun kondisi PT.TeL sekarang ini sedang mengalami kesulitan bahan baku,tapi kawan-kawan SPPT-TeL tetap konsisten untuk terus berupaya memberikan pelayanan dan perlindungan yang baik terhadap anggotanya.Seperti informasi yang diterima dari Bidang MEDKOM SPPT-TeL,kepada Divisi Kampanye dan Propaganda Federasi Serikat Pekerja Pulp dan Kertas Indonesia (FSP2KI).
Sebagai sebuah wadah bagi pekerja yang ada di PT.Tanjungenim Lestari Pulp and Paper (PT.TeL), Serikat Pekerja-PT.TeL (SPPT-TEL) telah melakukan perannya dalam meningkatkan kesejahteraan pekerja. Menurut informasi yang diterima dari pengurus Bidang Media dan Komunikasi SPPT-TeL, bahwa perundingan kenaikan upah ini dilakukan dalam mekanisme perundingan Biaprtite khusus untuk membahas kenaikan upah pekerja PT.TeL tahun 2013. Dalam perundingan ini antara management PT.TeL dan SPPT-TeL diwakili oleh masing-masing Tim Perunding.
Kawan-kawan dari SPPT-TeL diwakili oleh beberapa pengurus SPPT-TeL,yaitu : Ashal (Ketua SPPT-TeL),Mangitar Sitorus (Wakil Ketua),Heriyanto (Sekretaris),Nelson F Saragih,Dadag Pranolo, Edwin Firmansyah, Sugito,Noprizal dan Team peninjau dari SPPT-TeL.
Sedangkan dari TIM Perunding dari PT.Tanjungenim Lestari diwakili oleh: Amroji,Adrian Sartiko,Nizam Hasan, Irwandi, Edi Cahyono, Arismawan, Shintalia, dan RA Najamudin. 
Perundingan kenaikan upah ini dilakukan dalam tiga kali perundingan,yaitu tanggal 13 Juni 2013, tanggal 27 Juni 2013 dan terakhir tanggal 4 Juli 2013. Tempat perundingan dilaksanakan di Graha Medang PT.Tanjungenim Lestari. 
Dari informasi yang diberikan oleh kawan-kawan Bidang MEDKOM SPPT-TeL, terlihat dalam proses perundingan,antara SPP-TeL dan pihak management PT.TeL membawa konsep usulan kenaikan upah dari masing-masing pihak, baru setelah itu dipaparkan dalam perundingan upah ini.Untuk lebih jelasnya,kawan-kawan MEDKOM SPPT-TeL juga memberikan sedikit gambaran mengenai proses perundingan tersebut.
Pada perundingan yang pertama (13/6/2013) yang dilakukan di Graha Medang.TIM perunding dari PT.TeL,mencoba menjelaskan kondisi perusahaan saat ini,adapun penawaran dari TIM Perunding PT.TeL adalah sebagai berikut ;Adanya PK atau penilaian Kinerja, yang terdiri dari;untuk nilai AE sebesar 9%,ME+ sebesar 7% ,ME sebesar 5,43%,ME- sebesar 2% ,NI sebesar 0% dan Untuk level/grade 10 keatas penilaian langsung dari management.
 Sedangkan konsep usulan kenaikan upah yang ditawarkan oleh kawan-kawan SPPT-TEL adalah INFLASI + Performance Appraisal (PA) yang mana  inflasi tahun ini sebesar 5,43% dan untuk penilaian tahunan tidak lebih kecil dari tahun lalu.
Pada proses perundingan kedua (27/6/2013) bertempat di Graha Medang TIM Perunding dari PT.TeL akhirnya setuju untuk menggunakan  formulasi yang di tawarkan oleh TIM Perunding SPPT-TEL,yaitu  INFLASI + PA  (5,43% + PA). 
Adapun PA yang ditawarkan oleh TIM Perunding PT.TeL adalah sebagai berikut; nilai AE sebesar 5%,nilaI ME+ sebesar 3%,nilai ME sebesar 1%,nilai ME- sebesar 0%  dan nilai NI sebesar 0%.
Sedangkan PA yang ditawarkan oleh TIM Perunding SPPT-TeL adalah sebagai berikut :nilai AE sebesar 8%,nillai ME+ sebesar 5%,nilai ME sebesar 3%,nilai ME- sebesar 1,5% dan nilai NI sebesar 0%.
Pada proses perundingan yang ketiga (4/7/2013) akhirnya ditemukan kesepakatan mengenai kenaikan upah pekerja di PT.TeL untuk tahun 2013. Kesepakatan tersebut ditandatangani pada tanggal 4 Juli 2013 bertempat di Graha Medang.  
Hasil akhir dari perundingan yang merupakan kesepakatan kedua belah pihak adalah sebagai berikut;Nilai Inflasi disepakati sebesar 5,43% dan untuk Performance Appraisal adalah;nilai AE sebesar 6%,nilai ME (+) sebesar 4%,nilai ME sebesar 2%,nilai ME (-) sebesar 1% dan nilai NI adalah 0%.
Dari share informasi yang telah diberikan oleh kawan-kawan Pengurus SPPT-TeL,kita semua dapat memetik pelajaran yang berharga untuk mencoba mengimplementasikan proses perundingan kenaikan upah ini. FSP2KI mengucapkan Selamat Atas Keberhasilan Pengurus SPPT-TeL dalam melakukan perundingan kenaikan upah tahun 2013 ini. FSP2KI juga sangat berterimakasih kepada kawan SPPT-TeL yang telah membagi informasi yang sangat berharga ini..(MIP)