KESALAMATA DAN KESEHATAN KERJA DIMULAI DARI DIRI SENDIRI

Kegiatan Lokakarya Dialog Sosial K3

Regulasi tentang keselamatan dan kesehatan kerja Undang-Undang No. 1/1970 dan No. 23/1992 sudah tidak relevan lagi / basi. Pekerja tidak penar-benar terlindungi, pekerja seolah – olah hanya di jadikan objek, lemahnya regulasi tersebut sangat merugikan pekerja, pengusaha meskipun mampu dari sisi keuangan merasa enggan memberikan perlindungan lebih ( ansuransi kesehatan ).

Sebanyak 29 peserta dari 4 Serikat Pekerja Anggota ( SPA ) – Federasi Serikat Pekerja Pulp Dan Kertas Indonesia ( FSP2KI ) bersama – sama dengan IndustiALL mendiskusikan serta mengevaluasi ( Lokakarya ) Pelaksanaan Undang-Undang Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Prabumilih, Sumatera Selatan (13/11).Lokakarya K3 dari IndustriALL ini di hadiri oleh Indah Saptorini, Candra Marlan dan Nelson F Saragih sebagai narasumber.

Harapan FSP2KI setiap SPA yang ada memiliki Tim K3 yang handal dan bersertifikasi meskipun di perusahaan telah memiliki Tim K3 sehingga Setiap SP bersama-sama dengan Perusahaan membentuk tim P2K3 di tingkat Pabrik atau Perusahaan, Keselamatan dan Kesehatan Kerja bukanlah semata – mata tanggungjawab dari perusahaan, peran serta dari setiap pekerja sangat diutamakan, keselamatan kerja di mulai dari diri sendiri. Kegiatan-kegiatan seperti ini sangat penting untuk di ikuti oleh setiap SPA untuk memberikan pemahaman terhadap pengurus SPA di tingkat Pabrik atau Perusahaan.
*#SAYA BERHAK TAHU*