Konfrensi Pertama IndustriALL Asia Pacifik

Konfrensi pertama Industriall Asia Pacifik (14-16 Mei 2014) di Bangkok



Baru-baru ini IndustriALL Global Union, mengadakan kegiatan 1st IndustriALL Asia Pacific Conference yang diselenggarakan di Hotel Holiday Inn Bangkok Silom, Thailand, pada 14 Mei 2014 sampai dengan 16 Mei 2014.

Konferensi ini dihadiri oleh Executive Committee IndustriALL dan afiliasinya yang ada di kawasan Asia Pasific. Peserta berjumlah 231 orang dari 21 negara, 40% diantaranya perempuan. Indonsia mengutus 15 orang yang mewakili 11 afiliasinya di Indonesia, termasuk satu diantara 15 orang tersebut delegasi dari Federasi Serikat Pekerja Pulp dan Kertas Indonesia (FSP2KI), sebagai salah satu afiliasi IndutriALL di Indonesia.

Topik yang dibahas adalah permasalahan perburuhan di Asia Pasific, strategi IndustriALL untuk menghadapi tantangan perburuhan global dan persiapan menuju Kongres II IndustriALL pada tahun 2016.

Pada kesempatan diluar acara, delegasi FSP2KI menginformasikan kepada Sekjend IndustriALL, saudara Jyrki Raina mengenai perkembangan di Pindo Deli. Selain berbincang-bincang mengenai masalah di Pindo Deli, bersama-sama dengan saudara Vonny Diananto (IndustriALL South East Asia Office) dalam kesempatan tersebut juga disampaikan rencana FSP2KI untuk mengundang Jyrki Raina untuk hadir pada Kongres ke IV FSP2KI, yang akan dilaksanakan di Februari 2014. Delegasi FSP2KI juga membagikan pin FSP2KI kepada peserta dan memasang bendera di ruang konferensi sebagai bagian dari kampanye memperkenalkan FSP2KI kepada peserta.

Strategi yang dibangun oleh IndustriALL untuk menjawab tantangan perburuhan global diantaranya adalah membangun kekuatan serikat pekerja (building union power) dan peningkatan partisisipasi pekerja perempuan.