Koresponden Labourstart Australia Bertemu Pimpus FSP2KI


Pada 19 Agustus 2014 yang lalu, Pimpinan Pusat Federasi Serikat Pekerja Pulp dan Kertas Indonesia (PIMPUS FSP2KI) Khamid Istakhori bertemu dengan Pete Moss, seorang koresponden LabourStart di Australia. Pertemuan ini sendiri dilakukan di kantor sekretariat Serikat Pekerja Indonesia Power di Jakarta. 

Adapun yang menjadi tujuan kunjungan Pete Moss ke Indonesia adalah ingin mengetahui lebih jauh tentang gerekan buruh di Indonesia, selain itu juga beliau juga ingin mengetahui tentang Federasi Serikat Pekerja Pulp dan Kertas Indonesia (FSP2KI) dan permasalahan di Pindo Deli. 

 
Dari hasil diskusi antara pete Moss dan Khamid Istakhori, dalam pertemuan tersebut Pete Moss mau membantu setiap kampanye FSP2KI, terutama yang berkaitan dengan isu perusahaan Australia ataupun perusahaan Indonesia yang pasarnya ada di Australia. 
 
Pete Moss juga menyampaikan salam khusus untuk Nelson F Saragih. Dia juga menemui Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI),Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KSBSI),IndustriALL Indonesia Council, dll.
Dia (Pete Moss) sangat respect dengan kasus mogok kerja yang terjadi di Pindo Deli Kertas Karawang. Siapa sebenarnya Pete Moss ?
Pete Moss adalah Jurnalis independent (direktur Praxis, media masa di Australia) yang berasal dari Australia mempunyai hubungan dekat dengan beberapa serikat buruh di Australia dan juga ACTU (Konfederasi di Australia) serta APHEDA (kita mengetahui APHEDA adalah donor untuk program LWG).
Pete juga kontributor untuik Labourstart yang berpusat di Inggris, dan FSP2KI merupakan kolega yang banyak menerjemahkan petisi-petisi internasional ke dalam bahasa Indonesia. Pete juga yang menulis berita-berita tentang pemogokan Pindo Deli. Dari diskusi,dapat diambil beberapa kesimpulan sebagai berikut :
  • Pete sangat respek dengan IndustriAll, dimana kita juga merupakan anggotanya
  • Dimasa mendatang dia bersedia membantu komunikasi kita dengan serikat-serikat pekerja di Australia
  • Apabila FSP2KI punya permasalahan dengan perusahaan Australia atau berkaitan dengan market di Australia, maka dia siap membantu kampanye disana.
Sumber : Laporan Pelaksanaan Tugas Khamid Istakhori