LEBARAN

Pagi ini suasana tidak seperti kemarin, setelah semalam tak henti-henti orang meneriakkan takbir, bergegas pagi-pagi sekali orang-orang menuju tempat terbuka atau masjid yang memang dipersiapkan ” untuk melakukakn sholat Ied”. Tidak seperti biasa suasananya ramai sekali, ya memang, sholat Ied yang dilaksanakan setiap satu tahun sekali ini tidak saja dihadiri oleh masyarakat setempat, melainkan seluruh anggota masyarakat yang selama ini merantau jadi satu, bersama-sama melaksanakan sholat Ied.

Berbagai penganan(Kue) terhidang diruang tamu, sengaja dipersiapkan untuk tamu-tamu yang nanti datang berkunjung bersilaturahmi. Setelah acara sungkeman antara internl keluarga selesai barulah sanak saudara, kerabat, tetangga, jiran datang dan saling memaafkan atas kesalahan yang telah diperbuat selama ini secara disadari atau tidak disadari. Disela-sela maaf memaafkan, ada satu tradisi yang tidak bisa hilang hingga kini yaitu bagi-bagi uang (THR), uang yang diberikanpun pecahan uang baru biasanya pecahan 2000, 5000 dan 10.000.

Suasan lebaran semakin semarak setelah mencicipi ketupat dan opor ayam rasanya pun khas, ya” rasa opor lebaran tidak sama seperti opor hari-hari biasa” setelah dicari tahu ternyata memang ada yang beda, kalo ditempatku opor ayam lebaran bumbuyaa diracik bersama-sama, sehingga rasanya memang bersama banget, beda hari biasa dimana opor ayam hanya dimasak oleh satu orang tentu saja rasanya paspasan tanpa kebersamaan ha ha ha.

Memaknai lebaran dan tradisinya silahkan berbeda-beda satu yang meski kita jadikan kebersamaan CINTA dan RASA. “TAQOBBALALLAHU MINNA WA MINKUM BARAKALLAHU FIIKUM ” Mohon Maaf Lahir dan Batin.

POSTER BY NARNOTUKS