LIMA PERUSAHAAN KONTRAKTOR PT TEL MOGOK KERJA

News Fsp2ki 11/06/2018, Serikat Pekerja Kontraktor PT Tanjngenim Lestari Pulp And Paper (SPK TEL), Muara Enim, Sumatera Selatan dan Serikat Pekerja Terminal Untuk Kepentingan Sendiri (SPTUK), Lampung telah mengirimkan surat pemberitahuan mogok kerja 13 sd 15 Juni 2018. Mogok kerja dipicu tidak adanya kesepakatan melalui bipartite dan tripartite yang telah berulang kali dilakukan.
Hak Normatif
Kedua SP yang berafliasi dengan Federasi Serikat Pekerja Pulp Dan Kertas Indonesia (FSP2KI) ini menuntut hak normative yang tidak diberikan oleh perusahaan, perusahaan tersebut antar lain :
1. PT Inti Bumi Mas (PT IBM) perusahaan kontraktor yang bergerak dibidang perawatan dan perbaikan bidang kelistrikan di PT TEL telah habis kontraknya dengan PT TEL oleh karena hal tersebut sehingga PT IBM tersebut menghalalkan tidak membayar pesangon pekerjanya yang seharusnya mendapatkan 2 kali upah sebulan, hanya diberikan 1 kali upah.
2. PT Fajar yang bergerak dibidang alat berat di PT TEL menghadapi masalah upah yang sama, rata-rata upah uang diterima oleh pekerjanya 1,8jt/bulan.
3. PT KALIGUMA Tansindo, lampung tidak jauh berbeda permasalahannya masih normative, Upah Minimum Propinsi yang telah ditetapkan oleh Gubenur Propinsi lampung pada Januari 2018 tidak dibayarkan. Pekerja melaui serikatnya, SPTUKS menuntut agar UMK segera diberikan dan dihitung dari januari 2018.

Atas hal permasalahan tersebut diatas FSP2KI mendukung dan mengadvokasi permasalahan Serikat Pekerja Anggotanya, siap untuk mendampingi sampai dengan permasalahan selesai.