Liputan Berita Pendidikan Advokasi FSP2KI


 

Pendidikan Advokasi Sesi I (24-25 Agust 2013)

Bertempat di aula gedung Dinas Tenaga Kerja (DISNAKER) Kabupaten Karawang,pada 24-25 Agustus 2013,sebanyak 60 orang peserta hadir dalam pendidikan bertema : Pendidikan Advokasi dan Hukum Perburuhan yang diselenggarakan oleh Federasi Serikat Pekerja Pulp Kertas Indonesia (FSP2KI) Kordinator Jawa Barat. Peserta yang berasal dari SPKPD, SPEKN, SPKCI, Serikat pekerja Mandiri PT. Plasindo Lestari, Serikat Buruh Kerakyatan PT. Siamindo dan Serikat Pekerja Nasional IKPP sangat antusian mengiktui paparan dari para pemateri.

Sesi pertama yang disampaikan Alghiffari dari Lembaga Bantuan Hukum Jakarta (LBH Jakarta) membongkar tentang hukum perburuhan berdasarkan sifatnya, yakni hukum private dan hukum public dan kemudian dilanjutkan dengan paparan dari Tigor yang juga dari LBH Jakarta. Dalam kesempatan istirahat, AlGhiffari menyatakan dukungannya agar pendidikan hukum perburuhan dilaksanakan dengan cara yang mudah sehingga akemampuan dan pemahaman peserta semakin meningkat. Dalam kesempatan yang sama, Presiden FSP2KI, H.Hamdani menyampaikan terima kasihnya kepada LBH jakarta dan semua pihak yang membantu terlaksananya pendidikan tersebut, “ Kami, dari Pimpinan Pusat FSP2KI memberikan apresiasi sebesar-besarnya kepada semua peserta dan pemateri. Inilah momentum bagi kita untuk membangun pemahaman yang sama agar semakin solid dan kuat,”.
Pendidikan yang dilaksanakan selama  dua hari tersebut, selain membahs tentang hukum perburuhan juga mengundang pemateri dari Lembaga Informasi perburuhan Sedane (LIPS) yang diisi oleh Arifin Syarif. “Pendidikan, adalah sarana untuk mengajak anggota memahami dirinya dan peran penting dirinya dalam berserikat. Pendidikan, pada gilirannya harus mampu membangun energy solidaritas,” tegas Arifin.
Dari 60 peserta yang hadir, setidaknya ada 5 peserta perempuan dari berbagai serikat. “Meskipun masih sangat minim, tetapi ini akan menjadi bekal kita untuk membangun Komite perempuan di FSP2KI, “ tukas Suzana sebagai Koordinator Bidang Perempuan di dalam jajaran pimpinan pusat FSP2KI.
Setelah melalui evaluasi pada Akhir Agutus nanti, pendidikan gelombang akan dilaksanakan pada bulan September 2013…(khi)