Matts Jutterström Sebagai Presiden Baru Pappers

Suasana Kongres Pappers, Swedia (sumber foto : Nelson FS)

Dari tanggal 5-7 September 2014 yang lalu, Pappers melakukan Kongres. Kongres adalah forum rapat tertinggi untuk pengambilan keputusan di Pappers. Kongres ini diselenggarakan setiap 4 tahun. Tujuan Kongres adalah memilih setiap perwakilan anggota untuk duduk sebagai pengurus dalam struktur Pappers. Dalam kongres ini juga dibahas isu-isu strategis secara keseluruhan. Kongres inilah yang menentukan konstitusi Pappers dan memilih Komite Eksekutif dan Auditor Federal.


Dari hasil Kongres Pappers pada tahun ini terpilihlah Matts Jutterström sebagai Presiden Pappers yang baru, menggantikan Presiden Pappers sebelumnya Jan Henrik Sandberg. Sedangkan untuk posisi Wakil Presiden I terpilihlah Mikael Lilja dan Henri Heinho sebagai Wakil Presiden II.
Pappers, Swedia juga mengundang salah satu Pimpinan Pusat Federasi Serikat Pekerja Pulp dan Kertas Indonesia (FSP2KI) untuk hadir dalam kongres ini. FSP2KI mengutus Nelson F Saragih (Sekretaris Jenderal) untuk memenuhi undangan kongres dari Pappers.
Banyak pelajaran yang dapat dipetik dari perjalanan ini, terutama bagaimana membangun kekuatan serikat pekerja sektor pulp dan kertas di Indonesia. Dari informasi yang disampaikan Nelson, Pappers juga salah satu organisasi yang memiliki sistim keuangan organisasi yang baik, selain dari iuran anggota mereka (Pappers) juga memiliki bisnis perumahan dan asuransi pensiun untuk buruh. Bisnis ini dimiliki oleh Pappers.
Sedikit informasi untuk pembaca yang budiman,Pappers adalah serikat pekerja (kalau di Indonesia setingkat federasi)  ditingkat nasional yang ada di Swedia, yang beranggotakan semua pekerja kerah biru dalam Industri Pulp dan Kertas. Jumlah anggota adalah 17.000 pekerja. Serikat pekerja anggota Pappers terdiri dari 60 serikat pekerja lokal, mulai dari Nymölla di selatan Swedia sampai Karlsborg di utara Swedia..(fsp2kinews)