MEMBANGUN KAPASITAS PENGURUS

Capasity Building Training-Pekan baru-Fave Hotel 16-18 November 2016

Capasity Building Training diselenggarakan oleh afiliasi Federasi Serikat Pekerja Pulp dan Kertas Indonesia (FSP2KI) yaitu IndustriAll dan proram ini secara khusus diberikan kepada FSP2KI untuk Serikat Pekerja Anggota (SPA) yang ada didalamnya. Seluruh perwakilan SPA hadir, kecuali perwakilan SPS SP2K Futong yang tidak dapat hadir tetapi sebelumnya  telah menyampaikan konfirmasi ketidak hadirannya.

fb_img_1479535784106

Narasumber pelatihan ini Ikhsan Prajarani (Sekjend FSP2KI) dan Indah Saptorini (Industriall). Pembukaan diawali dengan pengenalan masing-masing peserta dan dilanjutkan paparan profile FSP2KI oleh bung Ikhsan Prajarani, dengan lugas dan detail. Profile FSP2KI disampaikan dari mulai terbentuk pendirinya hingga tujuannya seperti: Meningkatkan kesejahteraan anggota, memberikan perlindungan kepada anggota, mewujudkan kondisi ketenangan dalam bekerja dan berusaha.

IndusriAll memberikan apresiasi kepafa FSP2KI program rekrutmen berjalan dengan baik,  yang berkomitment merekrut anggota khusus sektor Pulp dan Kertas serta kontraktor pendukungnya.
Profil industriall disampaikan bu Indah, dimana tujuan Industriall Indonesia adalah: Membangun kekuatan Serikat melalui pengoranisiran dan mengawal pertumbuhannya, membela hak-hak pekerja, perjuang melawan sistem kerja Precarius (kerja rentan), memastikan kebijakan ketenagakerjaan yang berkelanjutan dan kupas tuntas PKB, disampaikan bahwa rata-rata nilai PKB di Indonesia hampir sama dan dinilai kurang berbobot, hal ini dikarenakan, hal yang diperjuangkan masih seputar angka nominal dan bukan Hak-hak pekerja seperti yang disampaikan Konvensi ILO. Hak – hak dasar yang dimaksud seperti: Konvensi Kebebasan berserikat dan perlindungan hak untuk berorganisasi, berunding bersama, konvensi Kerja paksa, penghapusan kerja paksa, konvensi Upah minimum, konvensi pekerja anak, dan konvensi Diskriminasi di tempat kerja.
Pada hari ke 3 pembahasan Keselamatan Kesehatan Kerja (K3), khususnya pada penyakit-penyakit yang ditimbulkan akibat kerja dan dilanjutkan dengan body mapping.
Masing-masing SPA  ditugaskan membuat action plan dengan estimasi targetnya dan menjelang target yang telah disampaikan nanti bu Indah akan memfollow up hasilnya.
Pelatihan ditutup dengan penyampaian kesan dan harapan dari pelatihan yang diadakan.