Membangun Kekuatan Serikat Buruh


Baru-baru ini bertempat di Hotel HARRIS Batam Center, IndustriALL/FNV Mondiaal/LO-TCO bekerjasama dengan afiliasi IndustriALL di Indonesia menyelenggarakan Pelatihan Organizing Serikat Pekerja. Pelatihan ini merupakan bagian dari project IndustriALL Asia MNC & Union Building di Indonesia.

Secara umum tujuan dari pelatihan ini adalah untuk memperkuat afiliasi IndustriALL dan Serikat Pekerja/Serikat Buruh di perusahaan multinasional dalam kerja-kerja pengorganisiran di tempat kerja, selain dari pada itu tujuan pelatihan ini juga untuk memberikan pengetahuan tentang pola-pola pengorganisiran di tempat kerja dan memperkuat kemampuan serikat buruh dalam melakukan aktivitas pengorganisiran.Pelatihan ini dilaksanakan selama 3 hari, dari tanggal 15 Oktober 2014 sampai dengan 17 Oktober 2014.
Pesertanya terdiri dari beberapa afiliasi IndustriALL yang berada di wilayah sekitar Batam. Salah satunya adalah Federasi Serikat Pekerja Pulp dan Kertas Indonesia (FSP2KI). Enam orang perwakilan dari Serikat Pekerja Anggota (SPA) FSP2KI yaitu kawan-kawan pengurus serikat pekerja yang berada di kawasan PT.Riua Andalan Pulp and Paper yang turut serta dalam pelatihan ini dan memang dekat dengan wilayah Batam. Selain dari pengurus SPA hadir juga dalam pelatihan ini Susana Br Purba sebagai salah satu Pimpinan Pusat FSP2KI Bidang Perempuan dan Gender.
Metode yang dilakukan dalam pelatihan ini adalah berbentuk diskusi dan mendorong partisipasi aktif peserta dalam disksui. Sebagai narasumber dalam pelatihan ini, penyelenggara mengundang dua narasumber seperti Riswan Lubis dari Federasi Pekerja Energi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (FPE SBSI)dan Baris Silitonga dari Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI)