Membangun Solidaritas Dalam Aksi Buruh PT.FUJI SEAT

 

Aksi olidaritas SPKPD untuk buruh PT.FUJI SEAT

Melalui siang yang terik, melalui debu dan asap knalpot kendaraan bermotor, jarak panjang ditempuh oleh kawan-kawan Serikat Pekerja Kertas Pindo Deli(SPK – PD), salah satu anggota Federasi Serikat Pekerja Pulp Kertas Indonesia (FSP2KI),turut serta dalam aksi solidaritas di Kawasan Industri KIIC (Karawang International Industry Cuty) pada Kamis, 29 Agustus 2013. Aksi solidaritas ini, ditujukan untuk kawan-kawan buruh PT. Fuji Seat yang terkena PHK sepihak dengan alasan habis kontrak, sementara ketentuan UU 13 tahun 2003 pasal 59 menyatakan bahwa mereka seharusnya demi hukum statusnya berubah menjadi Perjanjian Kerja Waktu Tidak Tertentu (PKWTT).

Dalam Orasi politiknya, Edy Sumardi (Panglima Barris) yang juga menjabat sebagai Wakil Presiden FSP2KI menyatakan bahwa perjuangan akan menemukan titik kulminasinya ketika dilakukan melalui secara terus menerus dengan mengajak kaum buruh lain dalam bersolidaritas. SPK PD, berjanji akan mengerahkan anggota dalam jumlah yang lebih besar ketika hari ini belum menemukan titik temu dengan pihak perusahaan.

Dalam aksi yang berlangsung selama 3 jam tersebut, pihak perusahaan menjanjikan untuk melanjutkan perundingan pada tanggal 3 September 2013. Setelah menandatanagani kesepakatan melanjutkan perundingan, para buruh melanjutkan aksinya dengan konvoi keliling kawasan KIIC.   

PT.Fuji Seat Indonesia adalah salah satu perusahaan asing yang memproduksi Kursi untuk kendaraan roda empat, yang digunakan oleh produsen otomotif terkemuka di Indonesia, PT. Astra Daihatsiu Indonesia, dengan kapasitas produksi 1400-2000 kursi per hari dan mempekerjakan 700 orang pekerja.(khi)