Membuat Buletin Serikat Pekerja Dengan Microsoft Publisher 2007

Sebenarnya bisa juga dengan menggunakan Publisher 2003 tapi dalam tulisan ini saya gunakan Publisher 2007. 

 
Komunikasi antara pengurus dan anggota mutlak diperlukan karena anggota adalah kekuatan utama serikat pekerja. 

Tanpa komunikasi yang baik antara pengurus dengan anggota maka dapat terjadi kesalaha-pahaman seperti pengurus merasa kurang mendapat dukungan dari anggota dan sebaliknya anggota merasa pengurus tidak melakukan apa-apa untuk anggota. Anggota sesungguhnya tidak mengetahui apa yang dilakukan oleh pengurus jika pengurus tidak memberitahukan aktivitasnya kepada anggota.

 

Dengan demikian menjadi wajib bagi pengurus untuk membuat media komunikasi sehingga tujuan serikat, prioritas serikat, kegiatan-kegiatan serikat dan suara-suara anggota dapat terkomunikasikan dengan baik dan pada gilirannya akan meningkatkan hubungan saling percaya dan mendukung antara pengurus dan anggotanya.
Komunikasi dengan anggota dapat dilakukan dengan berbagai media seperti pertemuan secara langsung, email, SMS, papan pengumuman, website dan bulletin. Masing-masing media ini mempunyai kelebihan dan kekurangannya sendiri-sendiri.  Disini akan disampaikan tentang membuat bulletin karena bulletin memiliki kelebihan dapat memuat banyak informasi dan gambar sehingga dapat memberikan informasi dengan cukup lengkap dan menarik.
Membuat bulletin mungkin terkesan rumit karena memerlukan beberapa keterampilan dan harga pencetakannya mahal tapi ternyata ada cara yang mudah dan murah dengan menggunakan Micosoft Publisher.  Operasinya sangat mudah dan tidak perlu dicetak karena dapat dikirimkan dengan email.  Ya..kalau ada uangnya silahkan saja kalau mau dicetak. …..Minta maaf saya kebanyakan bicara, ayo kita mulai saja.
Klik Microsoft Publisher…Biasanya sudah terinstal bersama dengan program lainnya seperti word dan Excel.
Klik  “Newsletters”.
Klik salah satu template. Misalnya template Banded.
Nah..sekarang kita sudah punya template bulletin yang siap digunakan seperti dibawah ini :

Ganti  tulisan “Newsletter Title” dengan nama bulletin anda, misalnya “Serikat Pekerja Berintegritas”. Ganti tulisan “Lead Story Head Line” dengan judul berita utama, misalnya “Kepemimpinan Serikat Pekerja”. Ganti tulisan “Secondary Story Headline” dengan berita selanjutnya, misalnya: “Jadwal Pelatihan”. Masukkan isi berita yang sesuai.  Klik pada gambar bunga dan masukkan gambar yang sesuai.
Demikianlah anda hanya tinggal memasukkan nama bulletin, judul berita, isi berita dan gambar yang sesuai dengan kebutuhan. Klik nomor halaman di bawah template untuk berpindah halaman.  Silahkan lakukan modifikasi sesuai selera, misalnya klik:
  1. Change Template untuk mengganti template.
  2. Color Schemes untuk mengganti warna template.
  3. Font  Schemes untuk mengganti jenis huruf.
  4. Insert untuk menambah dan mengurangi jumlah halaman.
Di bawah ini bulletin yang sudah dirubah ke warna “Alpine”.

Bulletin sudah selesai, klik save dan beri nama file. Karena file publisher sizenya besar maka untuk memudahkan pengiriman dengan email sebaiknya dirubah ke format PDF.  Tinggal klik “save as”, kemudian pada “save as type” pilih PDF. Klik Optimize For, Change dan pilih StandardKemudian klik OK dan SaveSekarang kita sudah punya bulletin yang siap dikirimkan keanggota baik dengan email ataupun dicetak.
Silahkan klik link dibawah ini untuk online training Microsoft Publisher:
>>>Selamat mencoba<<<
Ditulis oleh : Nelson F Saragih (Sekretaris Jenderal FSP2KI)