Memenangkan PKB Kita



Tanggal 18 – 22 Desember 2014 yang lalu, IndustriALL Indonesia Council telah melaksanakan Pelatihan Perjanjian Kerja Bersama (PKB) khusus perempuan. Pelatihan ini dilaksanakan di GG House Happy Valley Kampung Cibogo II No 423, Gadog, Cipayung Bogor. 


Hadir dari Federasi Serikat Pekerja Pulp dan Kertas Indonesia (FSP2KI) Susana Br Purba dan dua orang peserta perempuan dari Serikat Pekerja Kertas Pindo Deli (SPKPD). Selain dari Susana dan dari SPKPD, IndustriALL Indonesia juga meminta salah satu fasilitator dari FSP2KI untuk menyampaikan materi dalam pelatihan ini.  Pendidikan ini dimaksudkan sebagai upaya serius melibatkan partisipasi buruh perempuan dalam proses perjuangan PKB.

Khamid Istakhori, sebagai salah satu narasumber dalam pendidikan tersebut memberikan materi mengenai Strategi memenangkan PKB. Khamid menjelaskan bahwa tahap perjuangan PKB meliputi persiapan sebelum berunding, pada saat berunding dan pasca perundingan. Ketiga tahap itu sama-sama penting dan krusial. 

Pada Persiapan, kita harus menyusun draft tuntutan dengan data yang benar, menyusun tuntutan yang harus benar berasal dari aspirasi anggota serta dukungan fakta tentang kondisi perusahaan yang kita peroleh melalui investigasi tentang perusahaan. Sementara perundingan mensyaratkan adanya tim yang mumpuni.

Indah Saptorini, dari IndustriAll menyatakan bahwa pendidikan ini memang dikhususkan untuk memotivasi pekerja perempuan dalam membangun kesadaran pentingnya peran mereka dalam PKB. Maka, dengan pendidikan ini diharapkan akan berdampak bagus. Issu menarik dalam diskusi antara lain meliputi cuti haid, tunjangan keluarga, cuti melahirkan 14 minggu dan hak cuti ketika mengalami keguguran..(khi)


Sejahteralah, Kaum pekerja Perempuan..!!!