MENINGKATKAN ISU K3 DI PERUSAHAAN

Isu Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3) hampir di setiap Serikat Pekerja (SP) bukan hal yang menarik di banding dengan isu lain seperti isu Upah, PKB dan pelanggaran normative lainnya. sehingga banyak kasus-kasus K3 kurang dilaporkan oleh tiap-tiap SP.

Kecelakaan kerja yang disebabkan oleh perusahaan yang kurang memperhatikan keselamatan pekerjanya menurut banyak pemahaman pekerja bukan pelanggran normative, meski sudah diatur di dalam regulasinya, “Setiap Pekerja berhak atas perlindungan keselamatandan keshatan kerja. Hal lainnya Undang-undang 1 tahun 1970 tentang Keselamat kerja yang telah using yang perlu diperbaharui kurang mengakomodir keselamatan pekerja di tempat kerja.

Keselamat kerja menarik perhatian IndustriALL sehingga dilaksanakan Workshop dialog sosial keselamatan dan kesehatan kerja , di Hotel Gren Alia, Prapatan 12 Sept 2018 dihadiri oleh perwakilan dari berbagai Federasi Serikat Pekerja yang berafliasi pada IndustriALL.
Potensi bahaya K3 yang dihadapi oleh pekerja ditiap sector berbeda untuk itu perlu meningkatkan kesadaran dan budaya K3 maka di perlukan pendidikan –pendidikan serta kampanye agar isu K3 sama pentingnya dengan Isu-isu lain. Agar Kecelakaan kerja tidak terjadi atau dapat diminimalisir perlu adanya Departemen khusus untuk menangani K3 serta peningkatan peran aktifnya. Serta mendorong peningkatan jumlah dan kualitas ahli K3 perusahaan/ di masing-masing SP sehingga dapat memperkuat kemampuan advokasi K3.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *