Meninjau Ulang Go Politik Aktivis Buruh dan Kemanusiaan


Suasana saat diskusi “Go Politic Revisited” (21/12/2013)

Pada 21 Desember 2013 bertempat di Bakoel Koffie Jakarta, Trade Union Right Centre (TURC) mengadakan diskusi dengan topil “Go Politics Revisited” (Meninjau Ulang Go Politik).  Narasumber adalah Proffesor Olle Tornquist dari Universitas Oslo dan moderator Surya Tjandra dari TURC. Hadir sebagai peserta adalah Said Iqbal Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Haris Azhar dari KontraS, Nelson F. Saragih Sekretaris Jenderal Federasi Serikat Pekerja Pulp dan Kertas Indonesia (FSP2KI) dan aktivis perburuhan, hak-hak perempuan serta kemanusiaan lainnya.


Diskusi diawali dengan paparan Proff. Olle yangmerupakan hasilpenelitiannya tentang demokrasi di Indonesia yang mana ia melihat perbedaan gerakan perubahan yang dilakukan buruh di Indonesia dengan Eropa.  Di Eropa gerakan perubahan lebih dahulu dimulai oleh konsolidasi buruh yang kuat diikuti dengan perjuangan isu seperti negara kesejahteraan (walfare state) tetapi di Indonesia gerakan buruh di mulai dengan perjuangan isu seperti jaminan sosial dan upah yang kemudian diikuti dengan konsolidasi buruh secara masif.

Dari diskusi ini dapat ditarik beberapa wawasan diantaranya adalah pentingnya gerakan masa rakyat sebagai salah satu kekuatan alternatif untuk perubahan untuk itu gerakan buruh dan masyarakat sipil harus bisa bersatu, pentingnya keterlibatan aktivis buruh dan kemanusiaan dalam politik dengan orientasi dan agenda perubahan yang jelas dengan tidak terpengaruh pada lingkungan politik yang opurtunis.

Diskusi yang berlangsung 4 (empat) jam non stop ini diakhiri dengan kesepakatan untuk mengadakan diskusi lanjutan pada awal Januari 2014.. (nfs)