MENJEMPUT KEMENANGAN

Selasa, 10 September 2019

Pagi itu cuaca sangat cerah,tiba hari yang sudah pernah mereka janjikan, bahwa mereka akan melawan. Seluruh Barisan Pelopor (Bapor) yang sudah siaga dari dini hari pagi itu mulai melakukan swiping kepada setiap kendaraan yang melintas dan ingin memasuki lokasi pergudangan PT.Tel.

Serikat Pekerja Tuks Telpp Tarahan Lampung (SP.TUKS/FSP2KI) adalah basis Federasi Serikat Pekerja Pulp dan Kertas Indonesia (FSP2KI) di Provinsi Lampung, setelah sekian bulan melakukan perundingan meminta kepastian yang normatif kepada manajemen dalam hal ini PT.Kaliguma Transindo selalu menemui jalan buntu kedua belah pihak tetap pada pendiriannya.

Ini bukan pertama kali hal-hal normatif diingkari oleh manajemen, karena dalam catatan, ini adalah aksi mereka yang ke- empat. Hari mulai menjelang siang solidaritas dari berbagai aliansi buruh yang ada di wilayah terdekat Bandar Lampung dan Lampung Selatan mulai berdatangan untuk memberikan dukungan solidaritas.

Team perunding yang didampingi oleh Pimpinan Pusat (Pimpus) FSP2KI terus berjibaku beradu argumen dengan perwakilan manajemen, dengan alasan merugi perusahaan hanya mampu memberikan 1 PMTK sementara pihak Serikat Pekerja sesuai dengan Undang Undang Ketenagakerjaan meminta 2 PMTK.

PT.Tanjungenim Lestari Pulp and Paper (PT.Tel) memborongkan pekerjaannya kepada PT.Kaliguma Transindo selama 10 tahun (tehitung Juni 2000 – Juni 2020 ), sehubungan kontrak kerja PT.Kaliguma Transindo akan berakhir dengan PT.Tel dan dipastikan kontrak kerjanya tidak akan diperpanjang kembali, maka SP.TUKS selaku karyawan PT.Kaliguma Transindo ingin memastikan pesangonnya.

Setelah melakukan Mogok Kerja selama 6 jam, pihak manajemen luluh sekitar pukul 15:00 WIB , 2 PMTK disepakati, setelah dibuatkan Perjanjian Bersama dan ditandatangai yang diketahui oleh PT.Tel dan Dinas Tenaga Kerja Kota Bandar Lampung, Mogok Kerja dihentikan dan pada pukul 16:00 WIB mereka bekerja kembali.

Ini adalah kemenangan, bukan masalah sesuatu yang normatif atau tidak normatif, karena jika tidak diperjuangkan pasti dengan segala upaya akan dilanggar oleh kaum pemodal. dan ternyata benar bahwasannya perjuangan tidak akan menghianati hasil, Selamat atas kemenangannya….