Mereka Yang Berperan Penting Dalam Pendidikan

Selama pendidikan paralegal  yang berlangsung di Training Center PT.Tanjungenim Lestari (28-30 September 2015), peserta dapat mengikuti semua sesi dengan baik. Salah satunya karena terjaganya kebersihan dan ketersedian fasilitas pendidikan secara memadai. Sebanyak 40 peserta yang hadir. Menyepakati kontrak belajar yang sangat ketat dengan tujuan membangun kedisplinan.

Selain panitia yang bekerja keras,  kesuksesan pendidikan ditentukan oleh mereka yang bekerja keras mempersiapkan ruangan dan fasilitas belajar dengan baik. Sebut saja nama Adri Susanto, yang sudah hadir sebelum peserta hadir. 


“Saya sudah hadir sejak awal, sebelum peserta hadir. Menyiapkan daftar hadir, membagi alat tulis dan menjelaskan berbagai kebutuhan selama pendidikan” demikain Adri menjelaskan. 

Selain itu, Adri juga menjelaskan bahwa dikarenakan beberapa peserta dan pemateri datang dari luar  wilayah yang sangat jauh, kami harus memastikan mereka berisitirahat dengan baik. Saya bertanggungjawab mengatur kamar dan mempersiapkan segala kebutuhan konsumsi mereka di penginapan, yang kebetulan adalah mess. Hal tersebut demi untuk membangun keakraban dan kekeluargaan sesama pekerja.
Selain Adri, panitia lain yang sangat besar pengaruhnya dalam mensukeskan Pendidikan Paralegal yang diselenggarakan oleh Federasi Serikat Pekerja Pulp dan Kertas Indonesia (FSP2KI) di Kordinator Wilayah Sumatera Selatan, adalah Rusmalahati, salah satu anggota Serikat Pekerja Sekuriti PT.Tanjungenim Lestari.

Rusmalahati yang biasa disapa Mala, sangat aktif menertibkan peserta yang mencoba tidak disiplin selama pelatihan berlangsung.

Saya harus memastikan peserta bisa ikut pendidikan dengan sebaik-baiknya” kata Bu Mala di sela-sela pendidikan.

Selain menyiapkan segala konsumsi, baik makanan dan minuman Mala juga terlihat galak menelpon peserta yang terlambat. Yang lebih istimewa, salah satu peserta yang sering kena marah Mala adalah Fatkuroji, yang tidak lain adalah suaminya sendiri.

Sungguh, ketika semua memainkan peran dengan sebaik-baiknya, maka sebuah event akan menjadi sangat menyenangkan. Terima kasih Adri, terima kasih Mala…. (khi)