Midtream Evaluation FSP2KI-PAPPERS

Pada tanggal 4-7 September 2013,bertempat di Hotel Nur Alam Lembang-Bandung,Rapat Evaluasi Kerja Sama Project FSP2KI dengan PAPPERS Swedia telah selesai dilakukan. Rapat ini merupakan agenda kegiatan rutin FSP2KI,sesuai dengan kesepakatan antara FSP2KI dan PAPPERS.

Peserta rapat adalah Pimpinan Pusat FSP2KI dan beberapa kawan-kawan dari FSP2KI Kordinator Wilayah Jawa Barat (FSP2KI KORWIL JABAR), antara lain Arief Herman (Ketua KORWIL JABAR), serta beberapa pengurus Serikat Pekerja Anggota FSP2KI KORWIL JABAR,seperti; Rocmad sebagai Ketua Serikat Pekerja Kertas Pindo Deli (SPKPD) bersama beberapa pengurus SPKPD, Agus Munawar sebagai Sekretaris Serikat Pekerja Esa Kertas Nusantara (SPEKN) hadir sendiri untuk turut serta mengikuti sesi pendidikan yang dilaksanakan juga saat rapat evaluasi ini. Sementara itu Kholidi sebagai Bidang Advokasi Serikat Pekerja Kimberly Clark Indonesia (SPKCI) tak ketinggalan untuk hadir.

Selain Rapat Pimpinan Pusat dan Evaluasi kerja sama project FSP2KI-PAPPERS, dalam kesempatan ini dilaksanakan share informasi oleh dua pimpinan pusat FSP2KI,yaitu Bidang Gender (Suzana) mengenai Kesadaran HIV/AIDS ditempat Kerja dan Bidang Penelitian (Sunan Tumenggung) mengenai Menuju Upah Layak Sektor Pulp dan Kertas. 

Bersamaan dengan kegiatan ini juga dilaksanakan workshop mengenai Implementasi Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia Noimor 19 tahun 2012,tentang Penyerahan Sebagian Pelaksanaan Pekerjaan Pada Perusahaan Lain (PERMENAKERTRANS Nomor.19 tahun 2012) atau PERMENAKER mengenai alih daya/outsourcing. Sebagai narasumber dalam workshop ini adalah Hendri Alizar.SE.MSi dari Direktorat Persyaratan Kerja,Kesejahteraan dan Analisis Diskriminasi,Ditjend PHI dan Jamsostek Kantor Kementrian Tenaga Kerja Republik Indonesia. 

Seharusnya dalam workshop PERMENAKER Nomor 19 tahun 2012,selain dari pihak Kementrian Tenaga Kerja, diundang juga APKI (Asosiasi Pulp Kertas Indonesia), tetapi tidak satu orang pun dari APKI untuk dapat hadir dalam workshop tersebut. Karena tidak hadirnya APKI untuk memenuhi undangan workshop,maka sebagai penggantinya FSP2KI menghadirkan saudara Saut,sebagai narasumber dalam workshop Implementasi PERMENAKER Nomor 19 tahun 2012. Bung Saut adalah salah satu Hakim Adhoc pada Pengadilan Hubungan Industrial. Bagi yang membutuhkan materi pendidikan,selama kegiatan di atas silahkan download pada link di bawah ini :


  1. Materi Pelatihan Kesadaran HIV/AIDS di Tempat Kerja
  2. Materi Pelatihan Menuju Upah Layak Sektor Pulp dan Kertas
  3. Materi Workshop Implementasi PERMENAKERTRANS Nomor 19/2012