Napak Tilas : Buruh Kertas Bersatu


Untuk menjalin rasa kebersamaan dan solidaritas sesama kawan buruh yang tergabung bersama dalam group Buruh Kertas Bersatu Federasi Serikat Pekerja Pulp dan Kertas Indonesia (FSP2KI) Karawang. Maka pada hari Minggu kemarin (01/03/2015) kawan-kawan Buruh Kertas Bersatu mengadakan napak tilas.


Napak tilas ini adalah kegiatan bersama kawan-kawan Buruh yang bertempat tinggal di Karawang, Jakarta dan daerah lainnya. Peserta napak tilas ini tediri dari Serikat Pekerja Kertas Pindo Deli (SPKPD) Karawang, Federasi Serikat Buruh Kerakyatan Karawang, Lembaga Bantuan Hukum Jakarta (LBH Jakarta), Forum Buruh Lintas Pabrik Jakarta (FBLP Jakarta), Perempuan Mahardika Jakarta, Radio Marsinah Rakom 106 FM Jakarta Utara dan beberapa Buruh Independen Karawang.

Napak tilas ini dilakukan secara bersama-sama menempuh perjalanan menuju gunung Cipurut yang berada di cagar alam air terjun gunung Cipurut Wanayasa Purwakarta Jawa Barat. Selain bersilaturahmi, kegiatan ini juga bertujuan untuk membangun kebersamaan dan persaudaraan serta solidaritas sesama buruh.

Kegiatan ini dipandu oleh kawan-kawan LBH Jakarta, selain dari itu kawan-kawan LBH Jakarta mengadakan sedikit pendidikan dan diskusi mengenai pentingnya instansi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Polisi Republik Indonesia (POLRI) untuk dapat hidup bersama degan penuh komitmen untuk melakukan pemberantasan korupsi di negeri ini. Karena korupsi dan suap dapat berdampak buruk pada kepentingan buruh begitupun merusak aspek hukum perburuhan.

Dari diskusi ini ada satu hal yang dapat dipelajari oleh kawan-kawan peserta napak tilas, seperti mengkaji kasus, memetakan permasalahan dan dapat menyimpulkan suatu permasalahan. Sedikit memang yang didapat tetapi dari kebersamaan berharap kedepan akan semakin terbentuk kekuatan solidaritas sesama buruh, bukan hanya ditubuh FSP2KI Karawang saja tetapi akan semakin lebih meluas…(Ron)