Organising Training, Upaya membangun Organiser yang tangguh

Obon Tobroni (DPP FSPMI) memberikan materi pelatihan organizing IndustriALL (4-6 September 2014)

“Aktivitas yang paling penting dari pengorganisasian adalah berkelanjutan. Untuk itu bidang organisasi di sebuah serikat buruh harus diperkuat dan menjadi prioritas utama” Seperti yang disampaikan oleh Obon Tobroni dalam pelatihan Organizing Trainer IndustriALL.

Organising Training, adalah upaya membangun Organiser yang tangguh. IndustriAll Indonesian Council, menyelenggarakan pendidikan organiser selama 3 hari, yang dimulai dari tanggal 4 September 2014 samapai dengan 6 September 2014, yang dilaksanakan di Hotel HOM Tambun Bekasi. Pendidikan yang dimaksudkan untuk membentuk tim organiser yang tangguh.
Pendidikan ini diikuti oleh 30 peserta dari berbagai federasi afiliasi IndustriALL di Indonesia, termasuk juga Federasi Serikat Pekerja Pulp Kertas Indonesia (FSP2KI). Pada sesi pertama, Edward dari Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KSBSI) memberikan materi tentang pemahaman dasar serikat buruh dan sejarah singkat mengenai serikat buruh. Sesi ini memberikan sebuah gambaran bahwa sejak terbentuk atau bahkan dalam proses pembentukannya, kerja tim organiser sudah sangat dirasakan.
Sementara pada sesi kedua, di hari kedua, Obon Tobroni dari Dewan Pimipinan Pusat Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) memberikan pelecut semangat kepada peserta dengan menegaskan bahwa tugas organiser sangatlah berat. Dia bekerja sepanjang waktu untuk memastikan bahwa serikat kita terus tumbuh berkembang dan bertahan dari ancaman-ancaman.
“Mengorganisir buruh itu dimulai dengan membentuk serikat, menyadarkan mereka membayar iuran dan menegaskan mereka bahwa spirit serikat adalah berjuang” seperti yang disampaikan Obon Tobroni dalam pelatihan ini.
Iuran serikat buruh, memegang kunci penting, sebab ia akan menjadi bahan bakar bagi gerak organisasi maka kesadaran akan iuran juga tugas yang harus dilakukan pengurus serikat. Pendidikan ini, juga dilengkapi dengan role play (bermain peran) dan juga simulasi menyusun rencana aksi.

Anda tertarik? Tunggu putaran pendidikan organiser berikutnya. Daftarkan diri anda melalui Serikat Pekerja Aanggota …..(Khi)