Panggung Seni dan Budaya Buruh Karawang



Bertempat di Aula Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Karawang, sekitar 200 orang buruh berkumpul untuk menyelenggarakan Panggung Seni Budaya Buruh (15/03/2015) Sebuah acara yang digagas bersama antara Federasi Serikat Pekerja Pulp dan Kertas Indonesia (FSP2KI) dengan Federasi Serikat Buruh Kerakyatan (F SERBUK)  untuk mengkonsolidasikan kekuatan bersama guna merespon issue penting anti korupsi.


Buruh, dalam segala lini kehidupannya dikepung oleh korupsi, bahwa sejak mereka memasuki dunia kerja sampai di pecat, sejak bangun tidur dan nanti ketika akan kembali tidur. Realita ini, penting untuk dijadikan sebagai bagian mendidik anggota untuk memahami persoalannya.

Asfinawati, dari Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) memberikan pendapat bahwa buruh yang sadar akan permasalahannya, maka dialah yang akan menjadikan dirinya sebagai pelopor untuk memulai perubahan. Sementara Kanti, dari Konsorsium Reformasi Hukum Nasional (KRHN) memberikan catatan kritis terkait dengan korupsi, kriminalisasi dan pentingnya menjaga organisasi kita dari deraan korupsi.

Roni, Koordinator acara membuka secara resmi acara pada pukul 13.00 wib, disusul dengan berbagai penampilan lagu, puisi dan orasi. Selain itu, kelompok musik SEBUMI (Serikat Kebudayaan Masyarakat Indonesia) yang tampil membawakan lagu-lagu perjuangan. Seni itu hadir untuk melawan, maka seniman harus bersikap secara tegas dalam garis yang tegas pula mensikapi kondisi yang ada sebagaimana diungkapkan Ibob Arief disela acara.

Acara berlangsung sukses bila dilihat dari tingkat kehadiran undangan. Adapun undangan yang hadir terdiri dari ; Forum Buruh Lintas Pabrik (FBLP), Sentral gerakan Buruh Nasional (SGBN), YLBHI, Lembaga Bantuan Hukum Jakarta (LBH Jakarta), KRHN, Serikat Pekerja Kertas Pindo Deli (SPKPD), dan perwakilan dari pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang juga memberikan berbagai testimoni.

Ya, buruh, seharusnya menjadikan dirinya sebagai garda terdepan dalam perlawanan terhadap Korupsi…(khi)