Paralegal Dasar FSP2KI –LBH Jakarta



Pekan Baru – Riau, bertempat di Hotel Cititel hari ini, Hamdani (Presiden) Federasi Serikat Pekerja Pulp dan Kertas Indonesia (FSP2KI) sacara resmi membuka Pendidikan Nasional Paralegal Dasar Bagi Buruh Angkatan 1. Sebanyak 30 peserta dari 10 Serikat Pekerja Anggota FSP2KI (SPA FSP2KI) hadir dalam acara ini. Sementara bertindak selaku fasilitator adalah Tigor Hutaapea dan Wirdan Fauzi, pengacara publik dari Lembaga Bantuan Hukum Jakarta (LBH Jakarta).

Sebagaimana disampaikan oleh Hamdani dalam sambutannya menyampaikan “Paralegal adalah program kerja FSP2KI bidang advokasi, harapannya dari pelatihan paralegal ini dapat memperkuat team advokasi di SPA dan FSP2KI”
Ketika memberikan sambutannya, Hamdani juga menyampaikan, pendidikan yang berlangsung selama 3 hari ini akan menjadi program pertama dalam upaya membentuk tim advokasi federasi yang tangguh dengan bekal pemahaman yang memadai.
Sementara Agus Susanto, Ketua Panitia dalam acara ini menjelaskan kebutuhan yang sangat besar dalam mengadvokasi anggota. “Advokasi yang tangguh, merupakan benteng utama dalam melindungi anggota karena PHK dan kemungkinan kehilangan hak-haknya,“
Tigor Hutapea dari LBH Jakarta yang membawakan materi pertama dalam pendidikan ini, mengulas secara tuntas mengenai Paralegal “fungsi Paralegal akan sangat vital ketika dia berada di tengah anggotanya, sebab dialah yang memberikan kepastian bahwa anggota, mendapat prioritas dalam advokasi,“

“Semua individu mempunyai kekuatan masing-masing di dalam organisasi dan semua itu dapat saling melengkapi untuk menjadi kekuatan organisasi”  hal ini disampaikan Tigor, saat pelatihan paralegal di Pekanbaru.