Pekerja Perempuan Harus SEJAHTERA


 
Baru-baru ini, tepatnya di tanggal 18-22 Desember 2014 IndustriALL Indonesia Council mengadakan Pelatihan Perjanjian Kerja Bersama (PKB) Untuk kali ini pesertanya adalah pekerja perempuan di sebelas afiliasi IndustriALL yang ada di Indonesia. Pelatihan ini dilaksanakan di bertempat di GG House Happy Valley Kampung Cibogo II No 423, Gadog, Cipayung Bogor.

Pelatihan ini dihadiri oleh sekitar 26 orang pengurus serikat pekerja yang ada di 11 federasi afiliasi IndustriALL Indonesia. Untuk Federasi Serikat Pekerja Pulp dan Kertas Indonesia (FSP2KI) diwakili oleh pengurus Serikat Pekerja Kertas Pindo Deli (SPKPD) Nanin Rohaeni dan Juarsih. Sementara itu dari Pimpinan Pusat FSP2KI Sujana Br Purba turut serta dalam pelatihan ini.

Selain dari itu, pada pelatihan ini, FSP2KI juga berkontribusi untuk membantu menyediakan seorang fasilitator untuk pelatihan ini. Salah satu materi yang diberikan adalah Strategi Memenangkan PKB yang disampaikan oleh Khamid Istakhori, salah satu fasilitator dari FSP2KI.

Pelatihan ini diadakan sebagai penguat buat para pekerja perampuan  agar selalu bisa berperan memperjuangkan hak-hak pekerja perempuan di dalam menyusun dan merundingkan PKB. selain dari itu, dengan adanya pelatihan ini semakin banyak pekerja perempuan yang dapat ikut menjadi team perunding dalam menyusun PKB, tujuannya adalah agar bisa membawa aspirasi dari anggota perempuan di tempat kerja. Sampai saat ini, rata rata saat ini masih banyak isi PKB yang belum berpihak pada pekerja perempuan.

Selain dari Khamid Istakhori, ada beberapa materi lain yang disampaikan oleh Lilis dan Ngatiyem. Sementara itu dalam pelatihan ini juga, Sujana Br Purba memberikan pencerahan dan sosialisasi mengenai HIV/AIDS….(Sjn)