PELATIHAN DASAR – DASAR SERIKAT PEKERJA PT. KCI

Perjuangan buruh di Indonesia selama ini menginginkan agar buruh memiliki kekuatan tawar (Bargainning) yang sejajar dengan pengusaha dan pemerintah dalam melaksanakan hubungan industrial.

14462843_669659546529680_3373021213570658515_n

Pekerja/buruh merupakan mitra kerja pengusaha yang sangat penting dalam proses produksi dalam rangka meningkatkan kesejahteraan pekerja/buruh dan keluarganya, menjamin kelangsungan perusahaan, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia pada umumnya.

Untuk hal tersebut diatas maka sangat penting penguatan Serikat pekerja (SP) dilakukan, melakukan penguatan S tidak semudah menerapkannya butuh waktu, tenaga dan dana yang harus dikorbankan.

PT Kimberly-Clark Indonesia (PT.KCI) yang berlokasi di Jababeka 1 – Cikarang – Bekasi. Melakukan penguatan serikat dengan melakukan pelatihan dasar – dasar serikat, yang di laksanakan di Kantin, PT. KCI yang di hadiri 49 anggota, pemateri pelatihan tersebut Susan Br Purba dari Pimpinan pusat Federasi serikat pekerja pulp dan kertas indonesia ( FS2KI ) Bid Perempuan. Pelatihan ini sangat menarik bagi peserta yang kebanyakan peserta dari pekerja kontrak yang belum berserikat.

Sehubungan dengan hal itu Serikat Pekerja/Serikat Buruh yang merupakan sarana untuk memperjuangkan kepentingan pekerja haruslah memiliki rasa tanggung-jawab atas kelangsungan perusahaan dan begitu pula sebaliknya, pengusaha harus memperlakukan pekerja sebagai mitra sesuai harkat dan martabat kemanusiaan. Serikat pekerja/serikat buruh didirikan secara bebas, terbuka, mandiri, demokratis, dan juga bertanggung jawab oleh pekerja/buruh untuk memperjuangkan kepentingan pekerja/buruh dan keluarganya.