Pelatihan Kepemimpinan Khusus Perempuan


 

Pelatihan Women Committe IndustriALL Indonesia (18-20 Des 2013)

Dari Hotel Bonita yang beralamat di Jalan Raya Puncak No.447-Km.78 Cisarua-Bogor, Jawa Barat, Indonesia,IndustriALL Global Union menyelenggarakan Pelatihan Leadership on Precarious Work atau dalam bahasa Indonesia Pelatihan untuk Kepemimpinan Pekerja Rentan. Sebagai salah satu organisasi buruh setingkat federasi, FSP2KI (Federasi Serikat Pekerja Pulp dan Kertas Indonesia) adalah salah satu anggota IndustriALL yang ada di Indonesia. Menurut informasi yang diterima melalui telpon dari Suzana Purba (Ketua Bidang Gender FSP2KI)

Pelatihan ini sendiri dilaksanakan dari tanggal 18 Desember 2013 sampai dengan 20 Desember 2013. Peserta pelatihan berjumlah 30 orang yang terdiri dari berbagai utusan dari beberapa Federasi Serikat Pekerja (FSP) afiliasi IndustriALL yang ada di Indonesia,antara lain ; FSP KEP SPSI,FSP FARKES,FSPMI, SPN, FPE SBSI dan FSP ISI (dari SP HOLCIM).

Menurut informasi yang kami terima dari Suzana Purba, melalui telpon,FSP2KI mengutus tiga orang anggotanya untuk turut serta dalam pelatihan ini. Sementara itu Suzana Purba yang juga salah satu pimpinan pusat FSP2KI turut hadir dalam kegiatan ini.

Selain mengutus Suzana Purba,FSP2KI juga meminta kesedian kawan-kawan Serikat Pekerja Anggota (SPA) FSP2KI yang ada di wilayah Jawa Barat untuk dapat mengirimkan dua orang pengurus ataupun anggotanya untuk hadir dalam pelatihan tersebut, dari hasil kordinasi kawan-kawan FSP2KI Wilayah Jawa Barat, disepakati mengutus dua orang anggota Serikat Pekerja Kertas Pindo Deli (SPKPD), yaitu ; Sukarsih dan Eis.

Hadir juga dalam kegiatan ini Ketua Women Committe IndustriALL Indonesia, Lilis Mahmudah. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Saipul DP, sebagai Ketua Dewan Pimpinan Federasi Serikat Pekerja Afiliasi IndustriALL di Indonesia yang juga menjabat sebagai Ketua DPP FSP KEP SPSI. Selain dari beberapa utusan federasi serikat  afiliasi IndustriALL yang ada di Indonesia, kegiatan ini dihadiri juga oleh beberapa orang pengurus serikat pekerja ailiasi IndustriALL di Thailand, yang datang bersama Aranya Pakapath salah satu aktivis gerakan buruh di Thailand dan juga sebagai Kordinator Project untuk Precariuos Work IndustriALL di Asia Tenggara…(mip)