Pelatihan PKB IndustriALL Indonesia di Karawang

Pelatihan PKB IndustriALL Indonesia di Grand Pangestu Karawang (1/9/2014)

Mulai tanggal 1 September 2014 sampai dengan 3 September 2014, kawan-kawan serikat pekerja afiliasi IndustriALL di Indonesia melaksanakan pelatihan Perundingan Kerja Bersama atau IndustriALL Collective Bargaining. Pelatihan ini sendiri dilaksanakan di Hotel Grand Pangestu yang berada di Kabupaten Karawang.

Federasi Serikat Pekerja Pulp dan Kertas Indonesia (FSP2KI) meminta dua orang kawan-kawan pengurus Serikat Pekerja Anggota FSP2KI Jawa Barat untuk ikut serta dalam pelatihan ini. Kesempatan yang baik ini dipergunakan oleh kawan Yasin dan Basuki untuk turut serta dalam pelatihan ini yang mewakili pengurus Serikat Pekerja Kimberly Clark Indonesia (SPKCI). Dalam pelatihan ini dibahas juga mengenai hak buruh perempuan di tempat kerja. Materi-materi yang disampaikan dalam pelatihan ini terdiri dari :

  • Pengenalan tentang IndustriALL (Indah Saptorini)
  • Pencerahan tentang Perburuhan di Indonesia (Saiful DP ketua industrial councill )
  • Pengertian tentang Gender dalam PKB (Ngatiyem)
  • Memahami Kepentingan Buruh dan Analisa PKB (Chandra Mahlan)
  • Taktik dan Strategi. Buruh dalam PKB (Iyan Sofyan)
  • Diskusi kelompok untuk presentasi. 

“Isu Buruh perempuan dalam Perjanjian Kerja Bersama, seringkali dituntaskan hanya dengan memuat pasal-pasal mengenai cuti haid dan melahirkan. Padahal perlindungan hak buruh perempuan tidak hanya soal itu” Hal ini seperti yang dikutip dari posting yang ada pada akun Facebook Insert International Labour Standards Into Your CLA (collective labor agreements)